Tren Sosial Media 2023 – Seiring berjalannya waktu, sosial media menjadi platform penting untuk bisnis di semua industri. Dari jenis bisnis B2C hingga B2B, kini memerlukan sosial media untuk meningkatkan penjualan dan juga awareness sebuah brand. Memasuki tahun 2023, terdapat banyak tren baru yang kini sedang diminati dan mampu meningkatkan performa bisnismu.
Dengan mengetahui tren sosial media 2023, kamu bisa lebih mudah untuk menentukan strategi digital marketing apa saja yang cocok untuk bisnismu. Kira-kira ada tren apa saja yang bisa diikuti? Ini dia ulasan selengkapnya!
1. Konten Video Akan Lebih Dicari
Semenjak booming-nya TikTok beberapa tahun lalu, ternyata membawa perubahan besar pada tren sosial media 2023 kali ini. Saat ini, konten video lebih banyak diminati daripada konten infografis, microblog, dan sejenisnya. Berdasarkan TikTok 2023 Trend Report, konten-konten yang diunggah di TikTok berhasil menjadi platform yang memiliki pengaruh tinggi bagi seseorang untuk melakukan transaksi pembelian.
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.44.44.png)
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.44.44.png)
Selain itu, dijelaskan juga terdapat 2 jenis konten yang paling relevan dan banyak diminati oleh pengguna TikTok di seluruh dunia, yaitu konten POV dan juga Story Time. Kedua konten ini berhasil meraup hingga >270 Miliar views sepanjang 2022.
2. Semakin Banyak Social Commerce
Tren sosial media 2023 yang selanjutnya adalah “Social-Commerce” yang menjadi solusi baru untuk berbelanja berbagai kebutuhan. Apa perbedaan Social Commerce dengan E-Commerce? Social Commerce merupakan sosial media yang digunakan untuk berjualan dan juga melakukan transaksi.
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.48.20-1024x377.png)
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.48.20-1024x377.png)
Data dari Statista menunjukkan di tahun 2022 penjualan melalui Social Commerce menyentuh angka 724 miliar dolar dan diprediksi akan semakin naik pada tahun 2023 mendatang. Hal ini juga dipengaruhi dari fitur terbaru yang dirilis oleh TikTok yaitu TikTok Shop dan juga beberapa media lainnya yang berhasil menggeser kedudukan beberapa e-commerce besar.
3. Social Media Search Engine
Siapa sangka jika search engine pada sosial media kini tak sekedar digunakan untuk mencari akun, hastag, dan sejenisnya? Search Engine sosial media kini telah berkembang pesat dengan berbagai fungsi terbarunya.
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/image-6-946x1024.png)
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/image-6-946x1024.png)
Instagram kini mengubah search engine mereka untuk menampilkan berbagai jenis konten (foto, video, dll) dari kata kunci yang dicari. Sementara itu, search engine di TikTok juga memiliki fungsi yang sama, dengan penambahan beberapa daftar trending topik terbaru yang paling banyak dicari oleh penggunanya secara real-time. Kamu bisa mengoptimasi setiap konten baik pada caption atau judul video dengan kata kunci yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan kontenmu.
4. Konten Affiliate
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.50.21-1024x440.png)
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.50.21-1024x440.png)
Konten Affiliate juga kembali ramai digunakan oleh berbagai brand untuk meningkatkan penjualan mereka. Tren sosial media 2023 yang satu ini berawal dari strategi beberapa e-commerce besar untuk meningkatkan jumlah konsumen dan transaksi penjualan. Hingga pada akhirnya tren ini semakin populer karena juga digunakan oleh TikTok untuk mengembangkan fitur TikTok Shop mereka dan berkolaborasi dengan berbagai elemen pengguna mulai dari makro-influencer hingga nano-influencer.
5. Lakukan Promosi dengan Challenge
Kini ada berbagai cara untuk melakukan promosi di sosial media, salah satunya adalah dengan membuat challenge untuk konsumen agar lebih tertarik dengan produk yang dijual. Tren ini berawal dari industri musik K-POP yang sering melakukan berbagai challenge seperti dance cover, song cover, dan sebagainya untuk melakukan promosi.
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.51.34-1024x429.png)
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/Screen-Shot-2023-02-13-at-22.51.34-1024x429.png)
Ternyata hal ini berdampak besar dan strategi tersebut akhirnya diikuti oleh banyak bisnis dari industri lainnya. Namun perlu diperhatikan, kamu tetap harus membuat promosi yang relevan dengan konsumen atau target audience kamu.
6. Live Streaming & Live Shopping
Tren sosial media 2023 berikutnya adalah live streaming. Sebelum ada teknologi yang berkembang pesat saat ini, zaman dulu terdapat sebuah tren home shopping dimana kamu bisa menonton siaran langsung dari brand/penjual produk dari layar televisi.
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/image-7.png)
![](https://marketingtreats.id/wp-content/uploads/2023/02/image-7.png)
Kini tren tersebut kembali booming dengan sebutan baru yaitu “Live Shopping”. Kamu hanya perlu menonton live dari berbagai brand ataupun influencer dari layar gadget dan bisa melakukan pembelian langsung hanya dalam 1 genggaman.
7. Kepercayaan Pada Nano-Influencer Meningkat
Nano-Influencer merupakan influencer yang memiliki cakupan pengikut mulai dari 1K-30K. Dengan lingkup komunitas yang kecil, maka para Nano-Influencer ini memiliki argumen ataupun pendapat yang pengaruh kuat pada followers mereka.
Tren sosial media 2023 tahun ini membangkitkan kembali banyak kepercayaan audiens kepada para nano-influencer karena pendapat mereka dianggap lebih independen dan juga relevan karena sangat mengenali siapa target audiens mereka.
8. Penggunaan Teknologi AI untuk Marketing
Tren sosial media 2023 terakhir adalah kemunculan AI yang sempat menggemparkan banyak pengguna internet saat ini. Ternyata, teknologi AI memiliki banyak manfaat untuk efisiensi proses digital marketing bisnis, mulai dari menentukan segmentasi market pada iklan, membuat report yang akurat, dan juga membantu dalam brainstorming ataupun riset berbagai topik untuk konten.
Nah, itu dia 8 tren sosial media 2023 yang bisa kamu ikuti dan terapkan langsung untuk strategi bisnis kamu. Semoga bermanfaat ya!
2 Comments
Pingback: Apa Itu TikTok SEO? Cara Kerja & Strategi yang Bisa Dicoba
Pingback: TikTok Ads Library: 7 Cara Jitu Agar Iklanmu Jadi Makin Perform! - Marketing Treats