SEO TikTok – Sebagai platform dengan jumlah pengguna lebih 1 miliar di seluruh dunia, TikTok telah menjelma sebagai sebuah ‘super-app’ yang memiliki banyak fitur. Tak heran jika banyak bisnis, kreator, maupun brand mulai berlomba-lomba untuk bisa menarik lebih banyak audiens menggunakan konten lewat TikTok.
Hampir sama dengan media sosial lainnya, TikTok juga mulai memperkenalkan berbagai fitur yang wajib diketahui oleh para marketer dan juga kreator, yaitu SEO TikTok. Kehadiran SEO pada TikTok tentu menjadi sebuah tantangan baru dan ada berbagai hal yang seru untuk dipelajari.
Marketing Treats telah merangkum berbagai materi tentang apa itu SEO TikTok dan bagaimana cara kerjanya untuk para konten kreator hingga pemilik TikTok Shop. Yuk simak!
Baca Juga: Apa Itu TikTok SEO? Cara Kerja & Strategi yang Bisa Dicoba
Cara Kerja SEO TikTok Terbaru
SEO TikTok adalah fitur yang kini dikembangkan oleh TikTok untuk mempermudah pengguna mereka dalam mencari konten yang diinginkan menggunakan mesin pencarian. Secara teknis, SEO yang ada di dalam TikTok memiliki cara kerja yang sama seperti pada Google.
Penggunaan kata kunci, hashtag, dan juga caption sangat berpengaruh untuk membuat konten kita bisa muncul di pencarian paling atas. Adanya SEO pada TikTok akan membantu menaikkan engagement dalam waktu yang panjang. Artinya, kamu bisa mendapatkan traffic tak hanya dari linimasa FYP (For Your Page) saja, namun juga dari mesin pencarian.
TikTok memiliki sebuah halaman bernama ‘Discover’ dimana kita bisa menemukan berbagai jenis konten video hingga produk di TikTok Shop hanya dengan mengetikkan kata kunci. Cara kerjanya, kita perlu memasukkan kata kunci ke dalam setiap elemen konten dan juga produk yang ditampilkan pada konten dan akun kita.
Kamu bisa memasukkannya ke dalam beberapa elemen mulai dari transkrip pada foto atau video, judul dan caption, hashtag, hingga narasi voice over. Dengan cara ini, kemungkinan untuk kontenmu naik ke linimasa FYP akan semakin tinggi dan bisa mendatangkan lebih banyak traffic baru.
Faktor Ranking SEO TikTok
Supaya konten kita bisa muncul di paling atas, ada beberapa faktor ranking SEO TikTok yang wajib kamu ketahui. Berikut ini adalah berbagai faktor yang paling berpengaruh berdasarkan algoritma TikTok terbaru:
Interaksi Pengguna
Interaksi para pengguna menjadi faktor ranking konten yang penting pada sistem SEO di aplikasi. Semakin banyak interaksi yang dilakukan pengguna seperti likes, comment, save, atau share maka menjadi pertanda bahwa kontenmu akan semakin relevan.
Informasi Pada Video
TikTok kini menambah durasi konten video mereka hingga 3 menit untuk para penggunanya. Hal tersebut berarti bahwa, kamu bisa memasukkan berbagai jenis informasi untuk memperkuat SEO dan juga meningkatkan angka engagement.
Pengaturan Akun dan Perangkat
Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bagaimana pengaturan akun dan perangkat yang digunakan oleh audiens. Bahasa, negara, dan juga jenis perangkat berperan penting dalam meningkatkan ranking SEO kita. Umumnya, audiens akan lebih condong melihat konten yang memiliki kesamaan bahasa atau berasal dari negara asal mereka.
Baca Juga: 5 Tips dan Cara Iklan di TikTok, Pemula Wajib Tahu!
Cara Optimasi SEO TikTok untuk Konten dan TikTok Shop!
Yuk ikuti lima cara optimasi TikTok SEO terbaru untuk para content creator ataupun pemilik bisnis di TikTok Shop!
1. Riset Keyword yang Sesuai
Kata kunci atau keyword menjadi elemen penting dalam TikTok SEO meskipun mayoritas konten mereka adalah video. Darimana kita bisa mengetahui keyword apa yang sesuai untuk sebuah konten? Saat ini TikTok menyediakan platform bernama TikTok Creative Centre.
Pada platform tersebut, kamu bisa mendapatkan insight mengenai keyword apa yang sedang populer saat ini. Terdapat beberapa jenis informasi yang bisa kamu dapatkan dalam pencarian keyword di TikTok Creative Centre ini mulai dari popularity, persentase CTR, CPA, hingga impression.
2. Tambahkan Keyword ke Berbagai Elemen di Konten dan Produk
Dalam sebuah konten video, tidak hanya narasi atau voice-over yang harus diperhatikan oleh para kreator. Namun kehadiran keyword ke dalam aspek seperti judul, deskripsi, hingga hashtag menjadi sangat penting, karena akan berdampak pada ranking TikTok SEO konten tersebut.
Banyak yang belum tahu jika dampak keyword ini berpengaruh besar untuk mendatangkan traffic baru ke konten kita. Contohnya, di kolom komentar sebuah konten kamu bisa menemukan teks berwarna biru yang nantinya jika di-klik akan mengarahkan kita ke halaman Discover.
Pada saat inilah kamu bisa melihat konten seperti apa yang akan ditampilkan di bagian paling atas. Dan biasanya, konten tersebut memiliki informasi yang paling relevan dan juga traffic yang tinggi dibandingkan dengan konten lainnya.
Pada produk di TikTok Shop, kamu bisa menambahkan berbagai keyword pada judul produk, deskripsi, dan juga desain gambar. Untuk meningkatkan peringkat SEO, kamu juga bisa mengoptimasinya melalui konten yang sesuai dengan produk dan audiens.
3. Gunakan Headline yang Menarik dan Singkat
Penggunaan keyword pada headline juga bisa membantu untuk meningkatkan peringkat SEO konten kita. TikTok sendiri sudah menyarankan jika para kreator harus membuat headline konten yang singkat, padat, dan menarik, sehingga banyak pengguna yang menontonnya.
4. Tambahkan Hashtag yang Sesuai dengan SEO TikTok
Sama seperti halnya mencari keyword, kamu juga bisa melakukan riset hashtag melalui TikTok Creative Centre. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi mengenai apa saja hashtag yang sedang trending ataupun digunakan oleh kompetitor sekarang.
5. Interaksi dengan Pengguna
Cara optimasi SEO TikTok lainnya adalah dengan memberikan interaksi pada pengguna. Semakin sering kita berinteraksi, maka TikTok akan menilai jika akun kita lebih user-friendly dan akan memberikan peluang lebih banyak untuk tampil di halaman FYP.
Baca Juga: 8 Jenis Iklan TikTok, Mana Paling Cocok untuk Bisnismu?
Demikian berbagai cara optimasi SEO TikTok yang bisa kamu coba di dalam konten maupun produk TikTok Shop Jangan lewatkan berbagai informasi terbaru seputar dunia digital marketing saat ini, subscribe newsletter dari Marketing Treats untuk mendapatkan berbagai insight baru seputar digital marketing, peluang karir, dan tips seru lainnya!