Contoh Report Digital Marketing – Apakah kamu masih baru di dunia digital marketing dan seringkali merasa kebingungan saat membuat report data? Tak perlu khawatir lagi karena di artikel ini kita akan kupas tuntas bagaimana contoh report dalam digital marketing yang bisa dijadikan referensi.
Fungsi report pada digital marketing adalah untuk melacak bagaimana performa strategi yang kita lakukan pada bulan sebelumnya. Biasanya report dibuat dalam beberapa periode mulai dari harian, bulanan, kuartal, hingga tahunan.
Supaya kamu tidak salah langkah untuk menulis report, berikut ini adalah berbagai contoh untuk referensi dan juga variabel apa saja yang harus dimasukkan ke dalamnya!
Baca Juga: 5+ Cara & Tips Portofolio Digital Marketing Terbaru 2023
Apa yang Harus Ada di Report Digital Marketing?
Sebelum kita melihat bagaimana contoh report digital marketing yang benar, kamu harus memahami bahwa ada beberapa elemen yang wajib ada di sebuah laporan. Karena lingkup digital marketing yang luas, kamu harus mengetahui channel apa saja yang digunakan oleh perusahaan/bisnis.
Terdapat lingkup bidang seperti SEO/SEM, Social Media, Paid Ads, hingga Email Marketing. Setiap bidang tentu memiliki KPI (Key Performance Indicator) yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang biasanya wajib disertakan:
- Social Media: Jumlah konten yang diunggah, jumlah jangkauan, pertambahan followers, jumlah engagement, jumlah kunjungan profil, jumlah penonton konten
- SEO: Jumlah klik harian/mingguan/bulanan, jumlah jangkauan, persentase CTR (Click-Through Rate), persentase bounce rate, peringkat website/artikel, backlink
- Email Marketing: Open rates, email delivery rate, CTR, subscribe dan unsubscribe, bounce rate
- Paid Ads: Jumlah klik, CTR, CPC (Cost Per Click), CPA (Cost Per Acquisition), Impresion
- E-commerce Marketing: Sales revenue, CPL (Cost per Lead), Customer Retention, Conversion Rate, Organic Traffic
Baca Juga: 5 Cara Cepat Dapat Kerja Pakai Tools AI untuk Job Seekers!
Contoh Report Digital Marketing Terbaru
Berbagai contoh digital marketing berikut ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jangan lupa untuk menyertakan bukti konkret berupa cuplikan data dari tools atau dashboard analis, sehingga bisa lebih akurat.
1. Contoh Report Social Media
- Contoh Report Digital Marketing: Later
Diambil dari Later.com, terdapat contoh report digital marketing untuk media sosial. Dalam hal ini mereka mencantumkan berbagai platform media sosial mulai dari YouTube, Twitter, hingga TikTok.
Pada report tersebut juga terlihat bagaimana persentase dari bulan sebelumnya, apakah naik atau turun. Selain itu, mereka juga mencantumkan strategi apa saja yang berhasil digunakan di bulan ini, tantangan yang dihadapi, dan juga ide baru yang bisa dilakukan di bulan berikutnya
2. Contoh Report Digital Marketing di SEO & SEM
- Contoh Report: Ahrefs
Untuk kamu yang sedang mencari contoh report digital marketing untuk SEO dan SEM yang bisa dicoba. Ahrefs memberikan penjelasan lengkap mengenai apa saja variabel yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah laporan.
Seorang marketer wajib memasukkan performa organik, berbayar, hingga teknikal SEO ke dalam laporannya. Bisa juga menambahkan skema strategi yang akan dilakukan pada bulan selanjutnya untuk bisa mencapai target yang ditentukan.
3. Contoh Report Email Marketing
- Contoh Report: Agency Analytics
Email marketing menjadi salah satu elemen penting untuk mempromosikan campaign, promo, dan juga menyebarkan informasi berkaitan bisnis kita. Apabila kamu sedang mencoba membuat report untuk email marketing, terdapat contoh yang diberikan oleh Agency Analytics.
Hal pertama yang wajib dicantumkan adalah dashboard performa seluruh email marketing yang dikirimkan pada periode tertentu. Dari data tersebut, kita bisa membedah satu persatu mana email promosi yang paling banyak dibuka dan memiliki conversion rate besar dan mana yang dianggap sebagai email gagal. Kita juga bisa mengetahui bagaimana perkembangan subscriber email kita apakah mengalami kenaikan atau sebaliknya.
4. Contoh Report Digital Marketing di Paid Ads
- Contoh Report: Agency Analytics
Ada berbagai channel marketing yang menawarkan sistem promosi berbayar (iklan) yang sering digunakan oleh para marketer untuk menaikkan jumlah sales mereka. Saat ini terdapat Google Ads, Meta Business, Ecommerce Ads, TikTok Ads, LinkedIn Ads, hingga YouTube yang menawarkan jasa ini.
Nah, apabila kamu ingin membuat laporan mengenai ads yang telah dilakukan selama satu bulan, sertakan jenis konten apa yang memiliki jumlah konversi tertinggi dan juga perjelas apakah target audience yang disasar sudah sesuai atau perlu dirubah.
5. Contoh Report Ecommerce Marketing
- Contoh Report Digital Marketing: Reportz.io
Untuk para marketer yang mengelola e-commerce, terdapat beberapa hal penting yang harus ditulis ke dalam report. Pertama adalah hasil penjualan dari keseluruhan periode, berapa produk yang berhasil terjual, berapa produk yang masih ada di keranjang pengguna, dan berapa volume transaksinya.
Kemudian sajikan juga data berupa produk apa yang menjadi best-seller pada periode tersebut dan langkah apa yang akan diambil untuk mendongkrak penjualan. Cantumkan juga apa saja kendala atau blocker yang ditemui pada periode tersebut dan berikan evaluasi dalam menjalankan strategi sebelumnya.
Baca Juga: 30 Rekomendasi Kursus Digital Marketing: Gratis & Dapat Sertifikat
Itulah berbagai contoh report digital marketing yang bisa kamu coba. Agar kamu tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru seputar dunia digital marketing saat ini, subscribe newsletter dari Marketing Treats untuk mendapatkan berbagai insight baru seputar digital marketing, peluang karir, dan tips seru lainnya!