TikTok Ads Library – Menjadi platform media sosial terpopuler saat ini, membuat TikTok menjadi poros utama dalam menciptakan tren dan juga inovasi baru. Kehadirannya sebagai aplikasi hiburan pun kini mulai bergeser dan memungkinkan penggunanya untuk berbelanja atau menjual produk.
Bila dilihat dari sisi digital marketing, ada berbagai hal menarik yang bisa kita kulik dari TikTok. Salah satunya adalah fitur TikTok Ads Library yang bisa menjadi tools andalan seluruh marketer dalam mempromosikan produk atau melakukan campaign.
Lalu, apa sebenarnya Ads Library TikTok dan bagaimana mengoptimasi fiturnya? Yuk simak penjelasan dari Marketing Treats berikut ini hingga tuntas!
Baca Juga: 8 Tren Sosial Media 2023, dari Instagram hingga TikTok!
Apa Itu TikTok Ads Library?
TikTok Ads Library adalah fitur yang membantu para marketer agar bisa melihat berbagai iklan dari berbagai brand, kompetitor, atau iklan kita sendiri. Kamu bisa melihat dan melacak bagaimana performa sebuah iklan menggunakan berbagai matriks.
Fitur ini dirilis untuk bisa memantau jalannya kampanye yang kita lakukan, apakah sudah efektif atau sebaliknya. Banyak yang masih salah mengira bahwa TikTok Ads Library dengan TikTok Creative Center adalah fitur yang sama. Padahal kedua fitur ini memiliki fungsi yang berbeda.
Apa Perbedaan dengan TikTok Creative Center?
TikTok Creative Center digunakan untuk melihat berbagai jenis tren mulai dari video, musik, hashtag, dan juga filter. Sementara TikTok Ads Library adalah tempat dimana kita bisa mencari tahu berbagai konten berbayar/iklan dengan berbagai jenisnya.
Ada berbagai hal menarik yang bisa dikulik dari fitur TikTok Ads Library yang satu ini. Berikut adalah 7 cara optimasi iklan melalui TikTok Ads Library yang bisa dicoba!
7 Cara Buat Iklanmu Makin Perform Lewat TikTok Ads Library dan TikTok Creative Center!
Apabila kamu adalah seorang marketer profesional, saatnya ikuti beberapa trik berikut ini untuk optimasi iklan yang bisa dicoba!
1. Cari Tahu Iklan dari Kompetitor
Fungsi utama dari TikTok Ads Library adalah melihat apa saja iklan yang sedang dipasang oleh kompetitor saat ini. Tersedia berbagai filter untuk membantumu dalam mencari iklan kompetitor dari berbagai industri, mulai dari negara, jenis produk, dan juga durasi waktu.
2. Jelajahi TikTok Creative Center
Ternyata kita bisa mendapatkan berbagai inspirasi baru saat menjelajahi TikTok Creative Center loh! Terdapat beberapa fitur unggulan seperti study case dari berbagai brand yang telah sukses, konten organik paling trending, lagu, dan juga hashtag.
Kita bisa melihat secara detil bagaimana performa dan analisis setiap konten seperti jumlah likes, komen, dan juga share. Kita juga masih bisa melihat bagaimana performa iklan yang dipasang berbagai kreator dan brand melalui TikTok Creative Center.
3. Manfaatkan Audio Library
Kamu bisa mengandalkan fitur Audio Library yang ada di TikTok Creative Center loh! Di sini kamu bisa menemukan audio atau lagu yang sedang trending dengan beberapa kategori mulai dari periode waktu, 100 lagu hits terbaru, hingga lagu apa yang cocok untuk para akun bisnis.
Dimana kita bisa menemukan Audio Library? Pergi ke laman TikTok Creative Center, kemudian klik menu Trends dan pilih opsi Songs.
Baca Juga: Apa Itu TikTok SEO? Cara Kerja & Strategi yang Bisa Dicoba
4. Gunakan Daftar Top Keywords
Siapa sangka jika dalam algoritma TikTok saat ini, mereka juga menggunakan sistem SEO dengan menargetkan keyword tertentu dari setiap konten yang diunggah. Di dalam TikTik Creative Center kita bisa menemukan fitur bernama Keyword Insight List pada bagian Inspiration.
Data yang disajikan pun sangat lengkap mulai dari peringkat keyword, CTR, CVR, CPA, Cost, Impression, Likes, dan masih banyak lagi. Kata kunci ini bisa digunakan dalam mengoptimasi setiap konten kita bila ditempatkan pada transkrip teks, hashtag, caption, dan narasi pada video.
5. Temukan Berbagai Rekomendasi Top Produk
Setelah mengembangkan fitur sebagai e-commerce, TikTok juga merilis fitur khusus para akun bisnis dengan adanya rekomendasi top produk. Masih di dalam TikTok Creative Center, kita bisa melihat jenis produk apa saja yang saat ini sedang laku keras di pasaran.
Menu yang satu ini kerap dijadikan sebagai tempat riset untuk mencari tahu bagaimana perilaku konsumen saat ini dan barang apa saja yang paling dicari. Cara untuk menemukan fitur ini adalah dengan membuka menu Inspiration kemudian pilih Top Product.
6. Bandingkan Performa Iklan
Dalam Ads Library TikTok maupun TikTok Creative Center, kita bisa membandingkan performa iklan dengan berbagai matriks. Hal ini menjadikan keduanya sebagai fitur paling efektif saat menjalankan campaign karena kita bisa mendapatkan data analisa terbaru dan real-time.
7. Dapatkan Inspirasi Ide Iklan Terbaik
Cara optimasi lainnya yang bisa kamu lakukan dengan fitur Ads Library TikTok dan TikTok Creative Center adalah mendapatkan inspirasi ide iklan. Setiap brand ataupun produk pasti memiliki jenis iklan yang berbeda dan juga pendekatan yang beragam.
Tak ada salahnya untuk kamu mencoba berbagai kreatif baru agar iklanmu semakin menjangkau lebih banyak audiens dan banyak yang tertarik pada produk yang dijual.
Baca Juga: Apa Itu Growth Marketing? Pengertian, Fundamental, dan Contohnya!
Itulah berbagai trik dan penjelasan mengenai fitur terbaru yang ada di TikTok Business saat ini. Agar kamu tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru seputar dunia digital marketing saat ini, subscribe newsletter dari Marketing Treats untuk mendapatkan berbagai insight baru seputar digital marketing, peluang karir, dan tips seru lainnya!
1 Comment
Pingback: 8 Jenis Iklan TikTok, Mana Paling Cocok untuk Bisnismu? - Marketing Treats