Update Algoritma Google 2023 – Pada periode waktu tertentu, Google sering melakukan berbagai pembaruan baik dari sistem hingga mekanisme baru algoritma yang digunakan. Sejak melakukan core update pada pertengahan 2022 lalu, Google kembali merilis sebuah core update pada April 2023 lalu.
Pembaruan yang dilakukan oleh Google ini tentu akan berpengaruh pada hasil peringkat website yang muncul pada search engine. Sebulan setelah merilis core update, Google kembali membuat Product Review Update yang membahas lengkap tentang update algoritma Google 2023. Berikut ini adalah 5 update terbaru yang bisa kamu pelajari lebih dalam!
Ringkasan Google Core Update 2023
Tepat pada 12 April lalu, Google mengeluarkan Core Update 2023 yang berisi tentang cara kerja sistem terbaru yang saat ini digunakan oleh Google. Berikut ini adalah beberapa highlight utama dari Google Core Update 2023 yang harus kamu ketahui:
- Esensi Waktu Update: Perubahan algoritma ini tidak terjadi serentak dan tidak terlihat secara langsung dampaknya untuk setiap website. Butuh waktu berbeda-beda untuk setiap negara dalam menerima update yang diberikan oleh Google, beberapa diantaranya hanya dalam hitungan hari dan tak sedikit juga yang sampai berminggu-minggu.
- Kualitas Adalah Segalanya: Perhatikan ulang setiap konten yang ada di websitemu. Pada setiap perubahan, Google akan melakukan indeks ulang untuk setiap website dan mencari tahu apakah kualitas konten di website sudah relevan dengan audiens yang ada.
- Perhatikan Detail Kecil pada Off Page: Jangan remehkan optimasi off-page pada website kita seperti kecepatan loading, angka bounce rate, dan tampilan user-friendly website. Faktor-faktor ini bisa menjadi boomerang halus jika terbukti website kita masih belum menyesuaikan kebutuhan audiens.
- Awasi Angka pada Trafik: Ketika sebuah website berhasil diindeks setelah Google melakukan update, perhatikan penurunan atau kenaikan angka pada trafik yang ada. Hal ini bisa membuat kita lebih mudah untuk menganalisis dan mengukur bagaimana dampak perubahan algoritma google ini.
Baca Juga: 30 Rekomendasi Kursus Digital Marketing: Gratis & Dapat Sertifikat
5 Update Algoritma Google 2023 Terbaru
Google saat ini lebih mengedepankan nilai Experience pengguna dalam mengakses sebuah website. Maka dari itu kita cari tahu mengapa hal ini menjadi faktor penting untuk ranking sebuah website!
1. Fokus Pada Kualitas Konten E-E-A-T
Google secara gamblang menyampaikan bahwa sebuah “Experience” menjadi indikator baru dalam membuat konten yang berkualitas. Double E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) resmi dicanangkan pada Google Core Update 2022 lalu, dan masih terus dikembangkan hingga saat ini.
Lalu, bagaimana cara terbaik untuk membuat konten E-E-A-T? Dilansir dari SEJournal, kamu bisa menambahkan kata-kata seperti “Berdasarkan pengalaman saya….” dan sejenisnya untuk membuat ranking dari konten tersebut naik di SERP. Google tentu akan menetapkan standar lebih tinggi untuk membuat konten memang memiliki kualitas tinggi dan tidak hanya melalui kata-kata yang ditulis saja.
2. Dukungan Media Lain untuk “Experience” Pada Setiap Konten
Tak hanya melalui kata-kata, Google memberitahu bahwa setiap konten bisa didukung dengan bukti-bukti lainnya yang memperlihatkan konten tersebut memang memenuhi standar E-E-A-T. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis media seperti lampiran gambar, tambahan internal link/eksternal link, bahkan audio.
Lampiran media ini ditujukan untuk membuat sebuah konten semakin relevan dengan pembacanya dan bisa sesuai dengan search query yang ada. Selalu awasi kualitas setiap konten yang dibuat sehingga konten bisa teroptimasi dengan baik di SERP.
3. Google Memperluas Informasi Produk di SERP
Google saat ini menambahkan informasi pengiriman dan juga pengembalian barang untuk setiap produk yang ada di SERP. Hal ini sudah diterapkan melalui Google Penulusuran yang ada di Amerika dan ke depannya akan diterapkan di beberapa negara lainnya. Fitur ini bisa kamu gunakan apabila mengaktifkan alat dan laporan di Shopping Search Console.
Baca Juga: Google Trends: Apa Itu Google Trends dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
4. Bahasa yang Berpengaruh Pada Sistem Ulasan Produk
Google memiliki sistem ulasan yang akan memberikan analisis mendalam mengenai sebuah produk atau layanan yang dipasarkan. Google menciptakan sistem ulasan ini untuk mengevaluasi artikel, postingan blog, dan sejenisnya dalam membahas satu hal, atau perbandingan langsung. Hal ini juga dibahas pada perubahan algoritma google 2023 dimana terdapat beberapa bahasa yang berpengaruh pada sistem ulasan produk, seperti berikut:
- Inggris
- Perancis
- Jerman
- Indonesia
- Italia
- Polandia
- Portugis
- Rusia
- Spanyol
- Vietnam
- Belanda
5. Menyederhanakan Tampilan Video di SERP
Google juga melakukan penyederhanaan tampilan pada konten video di SERP. Selain itu, Google juga membahas bahwa perubahan ini juga berdampak pada metrik tampilan penelusuran yang ada di Google Search Console. Google berharap update algoritma ini bisa membantu pengguna untuk memahami apa yang mereka dapatkan saat mengunjungi sebuah halaman.
Kamu bisa mempelajari lebih dalam mengenai berbagai algroitma Google 2023 melalui Google Search Central. Pada halaman tersebut tersedia berbagai ulasan mengenai setiap perubahan algoritma Google dari tahun ke tahun.
Agar kamu bisa lebih update mengenai berbagai informasi seputar dunia digital marketing, SEO, dan juga media sosial, jangan lupa untuk berlangganan newsletter dari Marketing Treats dan nantikan berbagai informasi terbarunya!
2 Comments
Pingback: HTTP Status Code: Pengertian, Daftar Status Code, Peran di SEO
Pingback: Kenali Apa Itu Google Discover dan Cara Kerja Terbarunya!