Tools Remote Working – Tren untuk bekerja jarak jauh (remote) masih akan populer hingga beberapa tahun mendatang. Banyak perusahaan Indonesia maupun luar negeri yang memberlakukan sistem WFH atau WFA, karena dianggap lebih efisien dan juga fleksibel baik bagi manajemen dan juga karyawan.
Kunci utama dalam kesuksesan perusahaan dan karyawan yang melakukan WFH adalah komunikasi dan juga didukung oleh berbagai tools remote working yang memadai. Tidak hanya platform untuk komunikasi saja, terdapat berbagai jenis tools lainnya yang perlu kita kuasai untuk menjadi lebih produktif saat bekerja.
Kali ini Marketing Treats sudah merangkum 20 rekomendasi tools remote working untuk kamu yang bekerja dengan sistem Work From Home atau Anywhere. Yuk simak sampai habis infonya berikut!
Baca Juga: 7 Cara Kerja Remote Luar Negeri, Potensi Punya Gaji Dua Digit!
20 Tools Remote Working Terbaru, Kamu Udah Punya?
Setiap tools remote working di bawah ini selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saatnya temukan apa saja tools yang paling cocok untukmu dalam daftar di bawah ini!
Online Meeting & Komunikasi
1. Microsoft Team

- Biaya: Gratis
- Fitur: Online Meeting, Instant Chats, Direct Email Access, Conversation Threads
Microsoft Team menjadi aplikasi favorit banyak perusahaan untuk melakukan online meeting bersama tim. Desain interface yang simple dan sederhana membuatnya sangat nyaman untuk kebutuhan seperti chatting, meeting, dan juga terhubung langsung dengan Microsoft 365.
2. Zoom

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 1,400,000 per tahun
- Fitur: Meeting (40 Menit), Whiteboard Basic, Team Chat, Mail Calendar, Notes, Clips Basic
Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? Zoom menjadi salah satu aplikasi online meeting dengan jumlah unduh terbanyak di dunia dengan total lebih dari 300 juta orang. Sejak dirilis di tahun 2019, Zoom mengembangkan beberapa fitur baru seperti whiteboard, break-room, meeting template, dan masih banyak lagi.
3. Slack

- Biaya: Gratis dan Berbayar mulai dari Rp 100.000 per bulan
- Fitur: Slack Connect, Channels, Canvas, Huddles, Messaging, Clips, Accessibility
Slack menjadi aplikasi instant messaging yang paling populer di kalangan pekerja remote. Sekarang, Slack telah terkoneksi langsung dengan berbagai aplikasi lainnya seperti Notion, Trello, hingga Around yang akan meningkatkan produktivitas saat bekerja. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, perusahaan bisa membayar biaya subscribe mulai dari Rp 100,000 per bulan.
4. Basecamp

- Biaya: Berbayar mulai dari Rp 230.000 per bulan
- Fitur: Project Board, Messages, Schedule, Realtime Chat, Storages, Document, Card Table
Basecamp adalah aplikasi untuk komunikasi sekaligus project management bagi sebuah perusahaan. Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur mulai dari task organizer, to-do-list, hingga menyimpan berbagai data seperti dokumen, gambar, hingga file lainnya.
Tools Remote Working untuk Workspace & Project Management
1. Trello

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 75.000 per bulan
- Fitur: Card Table, Attachments, Comment & Tag, Third-party App Integrated, Worksheet
Trello menjadi aplikasi manajemen tugas yang akan memudahkan setiap pekerjaan bersama tim saat remote. Kita bisa mengatur task beserta dengan deadline dan membantu proses delegasi tugas ke masing-masing tim. Platform ini juga memungkinkan kita untuk lebih mudah dalam berkolaborasi antar anggota dan menciptakan workflow yang efisien.
2. Jira

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 125.000 per bulan
- Fitur: Scrum Boards, Report, Roadmaps, Task Assignment, Kanban Boards, Third-party App Integrated
Hampir sama dengan tools remote working sebelumnya, Jira juga menjadi aplikasi project management andalan para perusahaan teknologi. Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Jira yaitu Task Assignment, Kanban Boards, hingga Roadmaps. Selain itu, Jira juga terkoneksi langsung dengan beberapa aplikasi lainnya seperti Slack, GitHub, Jenkins, dan masih banyak lagi.
3. ClickUp

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 100.000 per bulan
- Fitur: Storage, Task & Worksheet, Whiteboards, Kanban Boards, Sprint Management, Calendar View, Custom Field Manager
ClickUp adalah aplikasi populer yang digunakan para remote-worker untuk bekerja sehari-hari. Untuk para pekerja WFH, ClickUp sangat membantu mereka dalam membagikan tugas hingga melakukan tracking pekerjaan dari masing-masing tim dalam satu dashboard.
4. Notion

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 110.000 per bulan
- Fitur: Collaborative Workspace, Kanban boards, Page Analytics, Third-party App Integrated
Notion merupakan satu dari sekian banyak tools remote working yang telah digunakan lebih dari 30 juta pengguna di seluruh dunia. Banyak yang belum tahu bahwa Notion bisa digunakan untuk berbagai hal mulai dari membuat report, jurnal, project-management, hingga menulis website. Kini Notion juga dilengkapi dengan fitur AI yang mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan seperti membuat ringkasan, mencari ide, dan sejenisnya.
5. Asana

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 150.000 per bulan
- Fitur: Collaborative Workspace, Gantt View, Timeline View, Asana AI, Forms, Custom Project Templates, Admin Console
Rekomendasi tools remote working berikutnya adalah Asana. Di dalam satu aplikasi, kamu bisa menemukan berbagai futur mulai dari Task Planning, Calendar, To-Do-List, Progress Checker, dan masih banyak lagi. Keunggulan lain dari Asana dibanding aplikasi lainnya adalah desain interface mereka yang modern, simple, dan pastinya user-friendly.
6. Google Workspace

- Biaya: Gratis
- Fitur: Email, Workspace (Docs, Slide, Sheet), Forms, Email, Whiteboard, Chat
Google Workspace juga menawarkan kemudahan bagi para pekerja remote untuk bisa mengerjakan berbagai hal, menggunakan satu akun yang sama. Ada berbagai layanan yang disediakan Google Workspace seperti Gmail, Drive, Docs, Sheet, Slides, Keep, Forms, Calendar, dan Meet. Google menyediakan dua jenis akun yang bisa kamu pilih mulai dari personal (gratis) ataupun akun bisnis dengan berlangganan mulai dari Rp 125,000 per bulan.
7. Microsoft 365

- Biaya: Berbayar mulai dari Rp 1,000,000 per tahun
- Fitur: Workspace, Email, Premium Online & Offline Access, Storage, Teams
Microsoft 365 pun juga sama dengan Google Workspace. Kamu bisa mendapatkan berbagai layanan end-to-end mulai dari penyimpanan, workspace, komunikasi, dan aplikasi bisnis lainnya. Berbeda dengan Google Workspace, kamu harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa menikmati semua akses ke aplikasi Microsoft 365.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Situs Cari Kerja Remote untuk Digital Marketer
Mind Mapping
1. Miro

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 100.000 per bulan
- Fitur: Editable Whiteboards, Built-in Timer, Video Chat, Third-party App Integrated, Templates, Prototyping
Membutuhkan aplikasi untuk brainstorming atau menulis ide-ide mu? Miro bisa jadi salah satu opsi yang tepat. Miro merupakan visual-workspace yang memungkinkan para penggunanya untuk menulis, menggambar, dan memberikan visualisasi apa saja ke dalam lembar kerja. Layaknya sebuah papan tulis, kita bisa mengekspresikan apapun ke dalam lembar kerja kita mulai dari tulisan, gambar, video, link, hingga sticker.
2. Figma Jam

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 150.000 per bulan
- Fitur: Whiteboard, Widget & Plugins, Templates, Prototyping, Third-party App Integrated
Figma Jam bisa jadi alternatif lainnya bagi kamu yang sedang mencari aplikasi digital whiteboard untuk mind-mapping. Banyak orang menggunakan Figma Jam untuk menuliskan ide saat brainstorming atau membuat workflow produk serta bisnis yang mereka jalankan. Kamu juga bisa menggunakan fitur plugins, widgets, dan juga template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan.
3. Storm Board

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 150.000 per bulan
- Fitur: Whiteboard, Template, Third-party App Integrated, Storage, Widget & Plugins
Masih satu tipe dengan beberapa aplikasi sebelumnya, kamu juga bisa mencoba Storm Board untuk membantu dalam melakukan kolaborasi dengan tim. Sekarang Storm Board juga telah memanfaatkan fitur AI (Storm AI) ke dalam platform mereka, sehingga akan membuat pekerjaan kita jauh lebih efisien dan produktif.
4. Mural

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 170.000 per bulan
- Fitur: Whiteboard, Template, Third-party App Integrated, Storage, Widget & Plugins
Tuangkan seluruh ide mu ke dalam Mural yang menjadi favorit banyak orang sebagai tools remote working mereka. Kamu bisa mengajak seluruh anggota tim untuk mengakses satu whiteboard-space yang sama dan menuangkan berbagai ide, konsep, serta materi saat sedang berdiskusi.
Tools Remote Working untuk Kreatif dan Desain
1. Canva

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 95.000 per bulan
- Fitur: Background Remover (Photo & Video), Design Workspaces, Templates, Instant Animation, Resize Design
Apabila kamu bekerja dalam industri marketing dan juga kreatif, maka Canva menjadi salah satu tools remote working yang wajib dikuasai. Canva membantu kita dalam membuat berbagai jenis desain dengan ratusan ribu template yang bisa digunakan secara gratis.
2. Figma

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 150.000 per bulan
- Fitur: Design Features, Collaborative Workspace, Templates
Figma juga memiliki fitur yang bisa kita gunakan untuk membuat desain secara manual. Biasanya, para UI/UX Designer menggunakan Figma untuk membuat prototype atau tampilan aplikasi yang mereka bangun. Bila diperhatikan secara seksama, Figma memiliki fitur yang hampir sama dengan Photoshop dan juga Adobe Illustrator, sehingga kamu bisa lebih mudah dalam berkreasi untuk membuat desain apapun.
3. Hemingway Editor

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 150.000
- Fitur: Grammar Proofread & AI Grade Level Scoring
Hemingway Editor adalah sebuah aplikasi yang membantu kita dalam mengoreksi tulisan dalam bahasa Inggris. Tools remote working yang satu ini sangat berguna apabila kita akan menuliskan report, artikel, atau teks panjang lainnya. Di sini kamu bisa mendapatkan koreksi dari grammar hingga sinonim dari kata-kata yang digunakan agar terlihat lebih jelas dan juga sesuai.
4. Copy.ai

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 735.000 per bulan
- Fitur: Workflows Templates & Copywriting Generator
Copy.ai adalah tools yang wajib dikuasai oleh para pekerja remote untuk memudahkan mereka dalam komunikasi dan bekerja. Jika kamu bekerja dalam industri kreatif atau marketing, Copy.ai akan memudahkan pekerjaanmu dalam membuat copywriting untuk berbagai platform.
5. Pitch

- Biaya: Gratis dan berbayar mulai dari Rp 300.000 per bulan
- Fitur: Presentation Templates, Pitch AI, Collaborative Workspace
Pilihan remote-working tools yang terakhir jatuh kepada Pitch. Sesuai dengan namanya, Pitch digunakan untuk membuat berbagai presentasi kreatif untuk bisnis dengan ribuan templates yang bisa digunakan secara gratis. Setiap desain yang tersedia di Pitch pun dijamin up-to-date dan pastinya bisa disesuaikan dengan karakteristik bisnis kita.
Baca Juga: 10 Pekerjaan Remote Paling Dicari 2024, Ada Apa Saja?
Itu dia 20 rekomendasi tools remote working yang bisa kamu coba gunakan. Jangan lewatkan berbagai informasi terbaru seputar dunia digital marketing saat ini, subscribe newsletter dari Marketing Treats untuk mendapatkan berbagai insight baru seputar digital marketing, peluang karir, dan tips seru lainnya!