Di era digital, banyak orang mencari tips membuat konten viral untuk mengenalkan akun media sosialnya. Mereka melakukan apapun supaya terkenal secara online. Tentu salah satu tujuannya untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.
Konten bisnis kamu harus mengandung hal-hal yang menarik agar berhasil perhatian target market tertuju kepada brand kamu. Salah satu caranya dengan menerapkan konsep viral marketing.
Kenapa Viral Marketing Penting dalam Strategi Promosi?
Pada kenyataannya membuat konten viral dan konten kreatif bukan perkara gampang. Itulah alasan kenapa perusahaan besar rela merogoh budget besar untuk mempekerjakan digital marketer profesional.
Tugas mereka mengatur sistem pemasaran secara online supaya profit bisnis terus berkembang. Viral sendiri berarti membuat sebuah konten sosial media menjadi populer, terkenal dan menjadi pembicaraan.
Semakin banyak orang membicarakan suatu topik maka semakin besar pula peluangnya untuk diketahui masyarakat luas. Inilah tujuan viral marketing sesungguhnya yaitu meningkatkan branding produk bisnis.
Kamu dapat mempromosikan barang maupun jasa secara Word of Mouth. Dulu kita melakukannya secara langsung namun sekarang bersifat online. Platform Facebook beserta Instagram menjadi media membuat konten viral hari ini.
Viral marketing akan menekan biaya promosi karena minim SDM dan bersifat tahan lama. Konten kamu bertahan dalam waktu lama karena ada rekam jejak digital. Jadi masyarakat dapat mengenang atau melihat ikan tersebut berulang kali.
Ada beragam contoh konten viral baik online maupun offline. Online berbentuk gambar dan video di platform sosial media. Sedangkan offline biasa kita temukan di papan billboard.
Iklan-iklan rokok yang mengandung quotes kehidupan. Bukan sekedar memasarkan produk tapi ada pesan lucu, unik, menarik bahkan sarkas di dalamnya.
Tips Ampuh Agar Konten Sosial Media Viral
Kamu perlu menggunakan cara membuat konten viral agar tujuan promosinya maksimal. Jangan sampai iklan tersebut memberi respon buruk dari masyarakat. Beberapa tips di bawah ini akan sangat membantu!
- Pakai tools sosial media untuk menganalisa perkembangan konten. Alat tersebut memantau respon audiens melalui likes, dislikes, tweet, komentar, dan tag. Jadi kita mengetahui jenis postingan yang paling menarik perhatian.
- Melakukan riset audiens tentang topik paling ramai menjadi bahan perbincangan. Selain itu sifat iklannya harus targeted berdasarkan kebutuhan calon pembeli. Dengan begitu peluang terjualnya suatu produk terus meningkat.
- Memanfaatkan hashtag namun harus yang terpopuler. Namun jangan terlalu banyak karena bersifat spamming dan kurang profesional. Gunakan mesin pelacak hashtag untuk melihat urutan paling atas di pencarian internet.
- Utamakan keunikan dan originalitas ide. Jangan meniru konten bisnis milik perusahaan lain. Tujuannya agar publik terkesima dan berpikir brand produk kamu punya ciri khas sendiri.
- Perhitungkan manfaat pada konten viral TikTok atau sosial media lain. Moral value bersifat penting demi menjaga nama baik serta citra perusahaan. Apalagi bisnis baru harus membangun brand image terlebih dahulu.
Hal ini memberikan dampak emosional sehingga produk tersebut tidak mudah dilupakan. Jadi orang akan terus mengingat serta membicarakannya. Misalnya, menambahkan quotes-quotes kehidupan terkait topik sosial di masyarakat.
Pilih Strategi Bisnis yang Menarik
Skill digital marketing sebaiknya kamu kuasai apalagi strategi bisnis menarik muncul di berbagai platform sosial media. Itulah kenapa tips membuat konten viral mampu mendongkrak popularitas produk agar memiliki peluang penjualan besar.