Di era modern saat ini, banyak perusahaan yang sudah melek digital dan mulai mendalami social media sebagai salah satu channel pemasaran utama mereka. Selain selalu memikirkan campaign baru dan mengikuti tren sosmed terbaru, performa akun sosial media juga harus selalu dievaluasi untuk pembelajaran di masa depan. Evaluasi tersebut bisa dilakukan dengan manual atau dengan tools analisa media sosial.
Tools analisa media sosial adalah salah satu alat andalan bagi para profesional di bidang digital marketing. Nah apa saja manfaat yang didapat dengan menggunakan tools analisa media sosial?
Manfaat Tools Analisa Media Sosial untuk Bisnis
Keterampilan menganalisa media sosial wajib kamu kuasai kalau ingin mendalami bidang digital marketing, terutama social media marketing. Posisi social media marketer ini sangat penting bahkan menjadi salah satu ujung tombak dari aktivitas pemasaran perusahaan. Nah aktivitas apa saja yang bisa dimudahkan menggunakan tools analisa media sosial ini?
Monitoring. Manfaat pertama yaitu sebagai sarana monitoring seberapa maksimal kinerja sebuah sosial media. Ada Instagram, Twitter, dan Facebook namun tidak semuanya memberi hasil promosi terbaik. Dari sini kamu memantau jumlah pengunjung, mention, ataupun like.
Scheduling. Manfaat selanjutnya adalah mengatur jadwal postingan. Sosial media punya algoritma otomatis untuk memberikan informasi berupa foto, video atau tulisan.
Analytics. Beberapa platform sosmed menyediakan fitur insights yang memberikan info tentang waktu aktifnya audiens, konten terbaik dll. Namun kamu bisa mendapatkan insight lebih menggunakan tools analisa sosial media. Beberapa tools bahkan menyediakan fitur perbandingan performa akun kita dengan kompetitor atau trending topic yang menarik untuk dipelajari.
Kesimpulannya, tools sosial media marketing ini dibutuhkan sebagai sarana mengevaluasi strategi media sosialmu. Walaupun sebagian besar adalah tools berbayar, namun ada juga yang gratis. Simak part selanjutnya untuk rekomendasi tools dari kami ya!
5 Rekomendasi Tools Analisa Media Sosial Terbaik 2022
Seorang ahli digital marketing juga harus mampu menguasai tools analisa sosmed. Ada banyak rekomendasi platform atau alat analisa terpopuler. Rekomendasi tersebut bisa kamu pelajari sehingga menemukan pilihan yang paling cocok.
1. Keyhole
Keyhole ini akan memudahkan kamu untuk membuat laporan performa social media kamu dengan terperinci dan dengan visual yang menarik. Tool ini bisa kamu gunakan pada sosial media Instagram, Twitter, TikTok, LinkedIn, Youtube dan Facebook.
Fungi lainnya yang jarang dimiliki tool lain adalah melacak performa dari campaign yang dilakukan oleh influencer. Jadi kamu tidak perlu mengawasi akun-akun influencer yang bekerjasama dengan bisnismu secara manual lagi.
Keyhole juga memiliki fitur untuk mengawasi performa campaign dan influencer yang dilakukan oleh kompetitor. Tool ini membantu kamu untuk mengidentifikasi peluang yang bisa dilakukan untuk mendapatkan engagement lebih dari kompetitor. Kamu bisa menggunakan tool ini mulai dari $39/bulan.
2. Sprout Social
Sprout Social adalah salah satu tool analisa media sosial yang cukup terkenal. Fitur utama dari tool ini adalah:
- Listening. Fitur ini memudahkan kamu untuk mengidentifikasi tren media sosial saat ini dan mengetahui bagaimana brand kamu dibicarakan (mention) oleh audiens.
- Publishing. Seperti tool media sosial pada umumnya, kamu bisa menjadwalkan postingan konten kamu disini. Saat ini platform media sosial yang terintegrasi cukup banyak seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, LinkedIn, Pinterest dll.
- Engagement. Dengan fitur ini kamu bisa memantau engagement dari konten-konten kamu di semua platform media sosial yang kamu gunakan.
- Analytics. Tool ini menyediakan analytic dashboard berisi data-data pertumbuhan akun-akun media sosial kamu untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat.
- Advocacy. Fitur ini membantu kamu untuk memperluas jangkauan konten-kontenmu dengan bantuan teman-teman setim.
Dengan banyaknya fitur yang disediakan maka biaya berlangganan platform ini cukup mahal. Kamu bisa mengakses tool ini mulai dari $249/bulan.
3. Crowdfire
Crowdfire adalah tool manajemen media sosial yang sudah digunakan lebih dari 19 juta pengguna di seluruh dunia. Fitur yang tersedia di tool ini adalah:
- Content curation. Fitur ini membantu kamu untuk mengkurasi artikel dan foto yang relevan sebagai referensi untuk strategi konten media sosial kamu berikutnya.
- Publish. Disini kamu juga bisa menjadwalkan postingan konten media sosial kamu. Menariknya, disini ada “queue meter” dimana kamu bisa mengukur apakah kamu mempunyai antrian konten yang cukup untuk membuat akunmu terlihat aktif selama seminggu kedepan.
- Analytics. Kamu bisa menggunakan template laporan yang sudah disediakan maupun custom untuk memantau data-data pertumbuhan akun media sosialmu. Laporan ini bisa dikirim secara otomatis ke emailmu setiap minggu/bulan. Selain itu fitur ini juga bisa menganalisa konten terbaik dan keseluruhan performa kompetitor.
- Mentions. Fitur ini memberikan pemberitahuan setiap kamu memperoleh mention, reply dan komen di semua akun media sosial kamu dan membalasnya dengan cepat di dalam satu platform.
Fitur-fitur bawaan ini cukup krusial dan dibutuhkan oleh setiap social media marketer. Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan Crowdfire secara gratis dengan beberapa fitur yang dibatasi. Namun, jika kamu ingin mendapatkan full access di semua fitur, kamu bisa mengaksesnya mulai dari $7.48/bulan.
4. Buffer
Buffer sudah digunakan lebih dari 140,000 pengguna di seluruh dunia dan merupakan official marketing partner dari Facebook, Pinterest, dan LinkedIn. Namun, platform yang bisa kamu integrasikan disini tidak hanya itu saja, kamu bisa menambahkan akun TikTok, Twitter, Shopify dan Google Business.
Seperti tool analisa media sosial pada umumnya, Buffer juga memiliki fitur-fitur sebagai berikut:
- Publishing. Disini kamu juga bisa menjadwalkan postingan konten untuk semua platform media sosial dalam satu dashboard. Uniknya, disini kamu bisa berbagi peran dengan anggota tim kamu dan mengatur workflow, seperti siapa yang bertugas untuk mengunggah draft konten dan siapa yang bertanggung jawab untuk approval.
- Analytics. Disini kamu bisa mengukur performa akun media sosial dan membuat template report yang bisa dikirim setiap hari secara otomatis. Jika bekerja di agensi, kamu juga bisa membuat white label report untuk semua klienmu.
- Engagement. Kamu akan mendapatkan notifikasi setiap ada interaksi dari audiens seperti komen dan DM dari semua akun media sosialmu di satu dashboard. Fitur ini dilengkapi dengan machine learning yang akan memberitahumu jika ada interaksi dengan prioritas tinggi, seperti komen negatif atau menanyakan harga.
- Start Page. Ini fitur yang jarang dijumpai di tool lainnya. Start Page adalah fitur link in bio yang bisa digunakan untuk mengumpulkan semua link-link penting di dalam satu URL untuk kamu bagikan di bio semua akun media sosial.
Kamu bisa menggunakan Buffer secara gratis dengan fitur-fitur yang terbatas untuk 3 akun media sosial. Jika kamu ingin mengakses penuh semua fitur, biayanya dimulai dari $5/bulan untuk 1 pengguna.
5. Iconosquare
Iconosquare yang sudah digunakan lebih dari 20,000 social media marketer di seluruh dunia ini merupakan salah satu tool manajemen media sosial terlengkap. Berikut fitur-fiturnya:
- Analytics. Salah satu hal menarik disini adalah analytic dashboard-nya yang customizable. Kamu bisa memantau lebih dari 100 metriks disini! Namun, sebaiknya fokus kepada metriks-metriks yang rerelevan dengan strategi media sosial kamu ya.
- Reporting. Format laporan di Iconosquare juga customizable dan bisa dikirim secara otomatis secara harian, mingguan atau bulanan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan perbandingan dengan periode sebelumnya.
- Publishing. Seperti tool lainnya, kamu juga bisa menjadwalkan postingan konten disini. Bahkan, kamu juga bisa membagikan link content calendar kepada klien untuk meminta approval.
- Collaboration. Kamu bekerja dalam tim? Iconosquare menyediakan fitur yang bisa membuat kerjasama tim kamu menjadi lebih efisien karena terintegrasi dalam satu platform. Kamu akan mendapatkan notifikasi jika anggota tim kamu merubah, meninggalkan komen atau revisi.
- Conversation. Fitur ini memudahkan kamu untuk mengetahui komen, DM dan mention secara real time di semua platform media sosial dan membalasnya di Iconosquare. Fitur ini juga dilengkapi dengan “Random Comment Picker” untuk memilih pemenang kontes media sosial secara acak.
- Listening. Di sini kamu bisa membandingkan performa media sosial kamu dengan kompetitor dan rata-rata industri. Kamu juga bisa menganalisa hashtag-hashtag yang relevan disini.
Kamu bisa menggunakan Iconosquare mulai dari €49/bulan. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa memanfaatkan tawaran free trial selama 14 hari ya!
Buat Strategi Media Sosial Berdasarkan Data
Sebagai seorang digital marketer atau social media marketer profesional, kamu akan dituntut untuk mampu membuat strategi pemasaran berdasarkan data-data yang relevan. Tool-tool yang disebutkan diatas akan membantu kamu berhasil dalam tugas tersebut. Kamu bisa mencoba beberapa tool yang menawarkan free plan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membayar.
Kamu ada rekomendasi lainnya? Tuliskan di kolom komentar ya!
1 Comment
Pingback: Cara Menambahkan Website Baru ke Halaman Pencarian Google