Tips Personal Branding untuk Digital Marketer – Dalam dunia digital marketing saat ini, personal branding menjadi elemen penting yang harus dimiliki oleh semua orang yang terjun dalam industri ini. Setiap orang tentu memiliki berbagai persona sendiri yang unik dan pastinya berbeda satu sama lainnya.
Lantas bagaimana cara membangun personal branding yang tepat untuk kamu yang ingin menjadi seorang digital marketer profesional? Untuk tahu jawabannya, yuk simak ulasan lengkap dari Marketing Treats berikut ini!
Apa itu Personal Branding Digital Marketer?
Personal branding adalah cara yang digunakan untuk mempromosikan keahlian yang kita miliki secara profesional. Tak melulu dalam industri digital marketing saja, kamu yang bekerja sebagai seniman, chef, aktor, programmer, ataupun mahasiswa pun membutuhkan personal branding untuk bisa bertahan dalam industri yang kompetitif.
Personal branding erat kaitannya dengan pencapaian ataupun value apa yang kita miliki untuk memiliki nilai lebih di mata orang lain. Untuk kamu yang akan terjun di bidang digital marketing, personal branding akan membantu untuk meningkatkan kepercayaan dan juga kredibilitas pada klien.
Baca Juga: Pinterest Academy: Platform Belajar Online Baru untuk Marketer
5 Tips Membangun Personal Branding Digital Marketer
Memiliki personal branding yang baik tentu akan membuka berbagai kesempatan baru untuk kita. Berikut ini adalah 5 strategi dan tips membangun personal branding digital marketer yang bisa kamu terapkan!
1. Tentukan Persona yang Sesuai
Tips membangun personal branding digital marketer yang pertama adalah dengan menentukan persona apa yang akan kita tunjukkan. Cara menentukan yang paling mudah adalah menyesuaikannya dengan mencari tahu keahlian apa yang paling kita kuasai.
Misalnya kamu sudah berpengalaman selama 5 tahun sebagai seorang advertiser, maka kamu bisa menggunakan pendekatan seorang advertiser profesional dan menargetkan audiens pada mereka yang masih awam pada bidang tersebut.
Kamu bisa menampilkan berbagai pencapaian selama berkarir dan juga berbagi pengalaman mengenai apa saja yang dikerjakan selama ini. Persona ini akan membantumu dalam membuat strategi konten untuk membangun personal branding dan juga akan menciptakan citra yang baik di depan publik.
2. Buat Portofolio
Buatlah portofolio mengenai pengalaman dan juga karya yang sudah dibuat selama ini. Ada berbagai media yang bisa digunakan untuk membuat portofolio profesional. Media yang paling sering digunakan oleh para profesional digital marketer biasanya adalah website dan juga portofolio berbentuk deck yang interaktif.
Baca Juga: 5+ Cara & Tips Portofolio Digital Marketing Terbaru 2023
Kamu bisa menggunakan berbagai tools seperti Notion, Canva, Figma, Dribble, Wix, dan sejenisnya untuk mengunggah portofolio di internet. Setelah selesai membangun portofolio, kamu bisa membagikannya melalui media sosial seperti LinkedIn, Instagram, bahkan TikTok untuk bisa meraih audiens baru sekaligus mempromosikan diri.
Jangan lupa untuk memberikan detail lengkap dari setiap karya dan juga project yang pernah dikerjakan. Kamu bisa menyisipkan informasi seperti pencapaian dengan data yang mendukung dan ataupun testimoni dari klien dan juga partner selama mengerjakan project tersebut.
3. Gunakan Media Sosial
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, media sosial akan membantumu untuk mempromosikan personal branding kita ke audiens baru. Jika kamu mengincar target audiens para profesional, LinkedIn bisa jadi pilihan tepat untuk membangun personal branding kita.
Apabila kamu ingin memperluas market audiens, gunakan berbagai media sosial terkini seperti Instagram, Twitter, TikTok, atau bahkan YouTube. Kamu bisa mengulik strategi apa yang tepat untuk setiap platform agar bisa mendapatkan berbagai audiens baru.
Baca Juga: Apa Itu TikTok SEO? Cara Kerja & Strategi yang Bisa Dicoba
Kamu juga bisa memulainya dengan membuat strategi konten personal branding agar audiens melihat portofolio ataupun berinteraksi pada akun milikmu. Ada berbagai tipe konten yang bisa kamu coba, mulai dari tips, tutorial, hingga berbagi pengalaman suka duka dalam dunia yang kamu geluti.
4. Kolaborasi Bersama Profesional Lainnya
Tips membangun personal branding untuk digital marketing yang berikutnya adalah dengan berkolaborasi bersama kreator profesional lainnya. Kamu bisa mengajak seseorang yang memiliki tujuan yang sama untuk membuat karya atau project bersama. Berkolaborasi dengan orang lain juga akan menambah insight baru untuk bisa membuat personal branding kita jadi tepat sasaran.
5. Bangun Networking
Tak bisa dipungkiri jika networking berperan cukup besar dalam membangun personal branding untuk digital marketer. Kamu bisa membangun networking mulai dari sesama profesional, klien, dan sebagainya melalui forum diskusi ataupun berkenalan langsung.
Tak harus bertemu, kini kamu bisa membangun networking dengan berinteraksi melalui media sosial seperti berkirim pesan ataupun berinteraksi dengan konten yang orang lain buat.
Contoh Personal Branding Digital Marketer
Nah, saatnya kita cari tahu siapa saja para digital marketer profesional yang memiliki personal branding kuat dan bisa menjadi inspirasi!
1. Neil Patel
Jika kamu terjun dalam dunia digital marketing, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Neil Patel. Ia adalah seorang ahli SEO yang juga pendiri platform Ubersuggest untuk melakukan keyword research. Neil Patel dikenal dengan kemampuannya dalam membangun berbagai teknik SEO untuk pemasaran.
Tips personal branding yang bisa kita ikuti dari Neil Patel adalah memaksimalkan berbagai platform untuk mengenalkan SEO dan juga digital marketing pada profesional serta masyarakat umum.
2. Johan Alvin Khosuma (@trustjak)
Bagi sebagian orang pasti masih belum familiar dengan nama Johan Alvin Khosuma. Ia adalah seorang konsultan branding yang lebih dikenal melalui akun instagramnya yaitu @trustjak.
Dalam konten instagramnya, ia membedah berbagai strategi pemasaran yang digunakan oleh banyak brand terkenal dan juga membedah berbagai isu terkini. Ditambah lagi dengan cara penyampaiannya yang khas yaitu menggunakan microblog dan juga berbagai ilustrasi unik sehingga membuat audiens tertarik pada setiap kontennya.
Itulah berbagai informasi terbaru mengenai tips personal branding untuk digital marketer profesional yang bisa kamu coba. Agar kamu tidak ketinggalan berbagai isu terkini mengenai dunia digital marketing dan media sosial, jangan lupa untuk berlangganan newsletter dari Marketing Treats dan dapatkan berbagai updatenya!
3 Comments
Pingback: 30 Rekomendasi Kursus Digital Marketing: Gratis & Dapat Sertifikat
Pingback: Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Luar Negeri bidang Digital Marketing - Marketing Treats
Pingback: Apa Itu User Generated Content dan Fungsinya Dalam Bisnis?