Live Shopping Tren di 2023 – Menyambut tahun 2023 ini, sosial media berperan kuat untuk membuat berbagai jenis tren baru yang selalu berubah setiap saatnya. Hal ini juga mendorong perubahan perilaku banyak orang, salah satunya adalah kebiasaan berbelanja seseorang.
Semenjak TikTok hadir dengan fitur Live Shoppingnya, kini banyak orang mulai bergeser dengan melakukan transaksi jual beli saat live daripada membelinya melalui e-commerce. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan melakukan live shopping baik untuk pembeli maupun pelaku usaha.
Jika kamu adalah pelaku usaha yang ingin mengoptimasi penjualan melalui live shopping, berikut ini adalah 7 live shopping tren di 2023 yang bisa diikuti!
1. Bundling Produk
Apabila kamu memiliki produk dengan jumlah banyak, kamu bisa melakukan promo bundling produk pada saat berjualan. Live shopping tren di 2023 yang satu ini efektif untuk mendorong konsumen melakukan lebih banyak transaksi dalam satu waktu.
Pilih produk yang menjadi best-seller kemudian kamu bisa membuat bundling dengan produk lainnya. Pastikan untuk mengemas promo bundling ini semenarik mungkin, sehingga konsumen akan langsung membeli barang yang dijual saat live tersebut.
Kamu juga bisa memberikan promo spesial pada saat perayaan hari tertentu, seperti promo tanggal kembar, promo hari raya (imlek, lebaran, natal), hingga promo tahun baru.
2. Mengadakan Giveaway atau Undian
Live shopping tren di 2023 berikutnya adalah membuat giveaway atau undian pada saat live. Kamu bisa membuat kupon undian pada transaksi penjualan tertentu, sehingga konsumen terpacu untuk memenangkan undian tersebut dengan membeli produk yang dijual.
Beberapa penjual juga sering melakukan undian menggunakan games seperti “Spin The Wheel” sehingga konsumen tersebut langsung tahu mendapatkan hadiah apa pada pembelian yang dilakukan.
3. Desain Etalase Menarik
Hal lain yang berpengaruh pada live shopping tren di 2023 adalah bagaimana kamu mengemas desain etalase produk semenarik mungkin. Kamu bisa menggunakan rak untuk menata produk agar terlihat lebih menarik. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menambahkan dekorasi ataupun informasi promo berbentuk poster pada desain etalase.
Jika kamu memiliki banyak jenis produk, kamu bisa menampilkan setiap produk dalam etalase. Namun jika hanya memiliki beberapa produk untuk dijual, kamu bisa menyusun dengan jumlah lebih banyak pada setiap produknya untuk membuat konsumen tertarik membelinya.
4. Interaksi dengan Penonton
Live shopping tren di 2023 berikutnya adalah melakukan interaksi dengan konsumen. Sebagai host live shopping, kamu harus melihat hal apa saja yang dituliskan oleh penonton live tersebut.
Biasanya konsumen akan menanyakan bagaimana cara penggunaan produk tersebut ataupun berkonsultasi mengenai produk. Pastikan kamu sudah menguasai product knowledge dari barang yang dijual, sehingga akan memudahkan dalam menjawab setiap pertanyaan yang masuk.
5. Berkolaborasi Dengan Influencer
Kini banyak brand berkolaborasi dengan banyak artis, selebritis, atau influencer marketing untuk meningkatkan penjualan saat live. Pada kenyataannya, peran influencer marketing ini memang berdampak besar dengan penjualan yang ada, sehingga bukan tidak mungkin untuk kamu bisa mendapatkan revenue hingga ratusan juta.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih influencer marketing sebagai host live. Berikut ini detailnya:
- Pastikan influencer marketing tersebut sesuai dengan value produk dan juga memiliki audiens yang sama dengan target market produk. Contohnya, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer seperti Natasha Surya untuk menjual produk-produk rumah tangga maupun elektronik. Ataupun Nagita Slavina dengan menjual produk perlengkapan anak dan juga kosmetik.
- Kamu juga bisa membuat konten kolaboratif dengan influencer marketing sebelum live dilakukan. Hal ini efektif untuk mendorong jumlah penonton saat live dan mendongkrak penjualan.
- Pilih juga influencer marketing yang mampu membangkitkan suasana live agar lebih menarik banyak penonton.
Baca lebih detil mengenai tips memilih influencer untuk bisnis disini.
6. Live Saat Launching Produk
Saat memiliki produk baru, kamu bisa melakukan live shopping di berbagai platform seperti TikTok Live, Shopee Live, ataupun Tokopedia Play. Tambahkan diskon promo untuk menarik lebih banyak konsumen agar membeli produk tersebut.
7. Lakukan Live dengan Sesi Tertentu
Live shopping tren di 2023 adalah dengan membagi sesi live pada jam-jam tertentu. Waktu ideal untuk melakukan live shopping adalah 3-4x sehari. Kamu bisa membaginya pada saat siang, sore, ataupun malam hari.
Selain itu, kamu bisa melakukan live pada jam-jam yang ekstrim seperti tengah malam ataupun dini hari. Pada jam tersebut kamu bisa memicu seseorang untuk melakukan impulsive buying sehingga bisa meningkatkan penjualan.
Itulah 7 live shopping tren di 2023 yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimasi penjualan online. Semoga membantu!