Chat GPT untuk SMM – Chat GPT adalah tools dengan teknologi Artificial Intelligence yang saat ini bisa kita gunakan untuk mendapatkan berbagai informasi layaknya “search engine” yang dimiliki oleh Google. Untuk bisa menggunakan Chat GPT, biasanya kita akan menulis kata kunci atau “prompt” agar sistem AI yang ada di dalam chatbot bisa menampilkan informasi yang relevan.
Saat ini Chat GPT telah digunakan oleh berbagai industri, salah satunya adalah social media marketing (SMM). Chat GPT bisa membantumu untuk optimasi konten mulai dari riset kompetitor, menentukan strategi, hingga memberikan pilihan copywriting yang sesuai. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk SMM, temukan jawabannya di ulasan berikut ini!
10 Prompt Chat GPT untuk Optimasi SMM!
Berikut ini adalah 10 pilihan prompt ataupun kata kunci untuk Chat GPT yang bisa kamu coba!
1. Menentukan Ide Campaign
Fungsi Chat GPT untuk SMM yang pertama adalah dengan membantumu untuk menentukan ide campaign yang akan dibuat. Chat GPT mampu memberikan beberapa alternatif jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.
Contoh Prompt: Kamu adalah seorang ahli dalam bidang social media. Buatlah social media marketing campaign untuk [tujuan campaign] dari [nama brand/produk].
Baca Juga: 5+ Cara Pakai Chat GPT untuk SEO dan Konten Marketing
2. Membuat Kalender Konten
Cara menggunakan Chat GPT untuk Social Media Marketing berikutnya adalah untuk membuat kalender konten. Kamu bisa menerapkannya untuk menyusun kalender konten bulanan hingga tahunan. Kamu hanya perlu mencantumkan informasi mengenai konten yang ingin dibuat dan juga variabel apa saja yang ingin ditulis.
Contoh Prompt: Buatlah kalender konten media sosial untuk [tujuan konten]. Tolong buat kalender untuk [bulan] dan buat dalam format tabel beserta tanggal, ide konten, dan juga caption.
3. Riset KOL & Influencers
Salah satu keunggulan lain dari Chat GPT untuk SMM yaitu kamu bisa melakukan riset KOL ataupun influencers yang sesuai dengan target market brand. Namun perlu digaris bawahi apabila Chat GPT akan memberikan lebih banyak sugesti influencer dari kategori makro daripada mikro.
Contoh Prompt: Cari influencer instagram untuk mempromosikan [produk] di Indonesia.
4. Strategi Promosi
Cara lain menggunakan Chat GPT untuk social media marketing adalah membuat strategi promosi untuk campaign yang akan kita jalankan. Chat GPT mampu menyediakan berbagai pilihan strategi untuk meningkatkan awareness hingga penjualan dengan prompt seperti berikut:
Contoh Prompt: Buat 20 strategi promosi untuk meningkatkan awareness dan penjualan [jenis produk].
5. Copywriting Iklan
Kamu bisa memaksimalkan Chat GPT untuk membuat copywriting iklan yang ada di media sosial. Pastikan kamu memberikan prompt yang rinci seperti jenis produk, harga, hingga intonasi dan juga gaya penulisan, agar Chat GPT memberikan jawaban yang lebih relevan.
Contoh Prompt: Buat copywriting iklan mengenai [produk & deskripsi singkat]. Tuliskan menggunakan bahasa yang ramah dan persuasif.
Baca Juga: 22 Rekomendasi Tools AI Digital Marketing Gratis di 2023!
6. Copywriting Caption
Sekarang kamu tidak perlu berlama-lama lagi untuk memikirkan caption apa yang cocok untuk setiap unggahan Instagram. Kamu bisa meminta bantuan dari Chat GPT untuk memberikan saran caption yang unik dan menarik.
Contoh Prompt: Tulis caption instagram untuk konten [tujuan konten] untuk [call to action;deskripsi produk;informasi tambahan lainnya].
7. Mencari Hashtag Relevan
Chat GPT juga bisa kamu gunakan untuk mencari hashtag apa yang relevan dengan campaign dan juga konten yang dibuat. Dari berbagai hashtag yang ditampilkan, kamu bisa langsung melakukan kurasi hashtag mana saja yang cocok untuk konten yang akan diunggah.
Contoh Prompt: Tulis referensi hashtag untuk campaign media sosial [produk serta informasi tambahan lainnya] dari [brand].
8. Menentukan Judul/Tema Campaign
Kehabisan ide untuk menentukan tema ataupun judul campaign kali ini? Saatnya kamu mengandalkan Chat GPT untuk mendapatkan referensi baru. Kamu bisa menuliskan prompt secara detail mengenai jumlah referensi yang ingin ditampilkan, sehingga kamu bisa lebih mudah menentukan mana yang paling sesuai.
Contoh Prompt: Berikan 10 referensi judul campaign media sosial [produk] dari [brand] untuk [tujuan campaign dan detail lainnya].
9. Riset Kompetitor
Fungsi lainnya dari Chat GPT adalah kamu bisa menggunakannya untuk melakukan riset kompetitor. Kamu bisa memintanya untuk menganalisis berbagai konten yang ada di website ataupun media sosial dari kompetitor.
Contoh Prompt: analisa topik apa saja yang paling sering dibahas oleh [kompetitor].
10. Menghitung Matriks
Siapa sangka jika Chat GPT bisa membantu kita untuk menghitung berbagai matriks untuk media sosial seperti reach, engagement, lead generation, dan juga conversion rate!
Contoh Prompt: Berapa CTR yang ideal untuk iklan dan konten yang menargetkan [target audiens]? Sertakan juga CTR yang ideal untuk berbagai media sosial.
Kesimpulan
Kehadiran Chat GPT untuk SMM tentu akan membuat alur kerja kita menjadi lebih efektif dan efisien. Kamu bisa mengembangkan berbagai prompt di atas dengan menambahkan berbagai detail mengenai produk, tujuan konten, dan hal-hal informatif lainnya untuk memudahkan AI dalam memproses instruksi.
Selain itu, kamu juga bisa memberikan persona seperti seorang ahli marketing ataupun social media manager untuk memudahkan AI memberikan jawaban relevan dari setiap prompt yang diberikan.
Jika kamu tertarik untuk belajar lebih jauh mengenai seluk beluk industri digital marketing, media sosial, dan teknologi saat ini, jangan lupa untuk subscribe newsletter dari Marketing Treats dan dapatkan berbagai update terbarunya setiap minggu!
4 Comments
Pingback: 30 Rekomendasi Kursus Digital Marketing: Gratis & Dapat Sertifikat
Pingback: Perbedaan White Hat SEO & Black Hat SEO serta Teknik Terbarunya!
Pingback: Google Bard, Fitur Terobosan Baru yang Singkirkan Chat GPT?
Pingback: 5 ChatGPT OpenAI Prompt untuk Email Marketing, Bisa Tingkatkan Sales? - Marketing Treats