Apa Itu TikTok SEO – Semenjak kemunculannya pada beberapa tahun ini, TikTok menjadi salah satu platform dengan pertumbuhan pengguna yang sangat cepat. Hanya dalam waktu 2 tahun ini, TikTok berhasil memiliki 1,05 miliar per Januari 2023 kemarin.
Pertumbuhan ini dibarengi juga dengan banyaknya fitur baru di TikTok yang menarik banyak para pengguna baru. Tak hanya sebagai platform hiburan saja, TikTok kini mengembangkan berbagai fitur seperti TikTok Shop dan juga TikTok SEO yang kini digunakan untuk mencari berbagai informasi baru.
Pada artikel kali ini, kita akan menyelam lebih dalam mengenai apa itu TikTok SEO dan bagaimana strategi menggunakannya.
Apa itu TikTok SEO?
TikTok SEO adalah sebuah mesin pencari yang akan meningkatkan video TikTok Anda agar muncul di bagian atas hasil pencarian di aplikasi. Konsep utamanya hampir sama dengan search engine yang dimiliki oleh Google, perbedaannya adalah konten yang muncul merupakan konten video UGC (User Generated Content).
Algoritma TikTok saat ini bekerja dengan menyajikan konten yang dianggap menarik oleh penggunanya, berdasarkan beberapa faktor seperti postingan yang sering berinteraksi dengan mereka, akun yang mereka ikuti, dan banyak lagi.
Data yang didapatkan oleh Nogood.io menunjukkan bahwa sebanyak 40% pengguna TikTok yang masih tergolong Gen Z lebih memilih menggunakan search engine TikTok maupun Instagram daripada Google.
Mengapa hal ini bisa terjadi? TikTok menyediakan konten yang berasal dari pengalaman orang lain dan disertai dengan bukti berupa foto dan juga video yang relevan. Hal ini tentu mempermudah kita saat sedang ingin mencari informasi tentang dunia wisata, kuliner, maupun hiburan.
Baca Juga: 8 Tren Sosial Media 2023, dari Instagram hingga TikTok!
Contohnya saat kita mengetik keyword “Makanan Terenak di Jakarta” pada search engine. Hasilnya, akan muncul berbagai video mengenai review makanan ataupun rekomendasi makanan enak di Jakarta yang berasal dari video paling populer, akun yang kita ikuti, maupun akun-akun yang pernah berinteraksi dengan kita.
Lantas, bagaimana strategi yang tepat untuk memaksimalkan konten kita melalui TikTok SEO? Berikut ini adalah 4 strategi menggunakan TikTok SEO yang bisa kamu coba!
4 Strategi Terbaru Menggunakan TikTok SEO
Terdapat beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimasi konten melalui TikTok SEO. Ini dia penjelasan selengkapnya!
1. Pahami Audiens Beserta Search Intent Mereka
Hal mendasar yang perlu kamu pahami sebelum terjun membuat konten di TikTok adalah menentukan jenis konten yang akan dibuat dan memahami bagaimana kebiasaan target audiens saat ini.
Ada berbagai bidang konten yang bisa kamu pilih mulai dari marketing bisnis, teknologi, elektronik, kecantikan, wisata, kuliner, dan hiburan. Jika ingin terjun di bidang marketing atau bisnis pada TikTok, cari tahu informasi apa saja yang belum tersedia di platform tersebut. Jika sudah terdapat search intent sebelumnya, namun konten yang muncul bukanlah jawaban relevan, kamu bisa mengambil celah tersebut dengan membuat konten yang sesuai dengan search intent pengguna.
Baca Juga: Content Management System: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
2. Gunakan Keyword yang Tepat Pada Setiap Video
Siapa sangka jika keyword juga menjadi elemen penting pada TikTok SEO? Kamu bisa menggunakan keyword spesifik dalam setiap pembuatan konten. Sebelum mengeksekusi sebuah video, kamu bisa melakukan riset keyword melalui search engine TikTok.
Terdapat 3 jenis keyword pada TikTok SEO
- High Search Volume: Kata kunci yang paling sering digunakan oleh pengguna.
- High Relevance: Kata kunci yang terkait langsung dengan kontenmu.
- Low Keyword Difficulty: Kata kunci yang memiliki sedikit persaingan konten.
3. Pakai Keyword Pada Setiap Bagian Konten
Strategi TikTok SEO berikutnya adalah menggunakan keyword yang sudah ditentukan ke setiap bagian konten yang kamu buat. Mulai dari narasi, cover video, hashtag, hingga caption yang dituliskan sebisa mungkin memuat keyword yang diincar. Hal ini nyatanya cukup membantu untuk optimasi kontenmu agar muncul di search engine TikTok.
Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan strategi lainnya seperti menggunakan audio yang sedang populer dan juga menambahkan hashtag yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna lainnya.
4. Penggunaan Hashtag
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hashtag juga memiliki peran penting dalam strategi TikTok SEO kita. Ada berbagai jenis hashtag yang bisa kita gunakan, seperti berikut ini:
- Trending Hashtag: Trending hashtag biasanya muncul pada isu populer tertentu yang sedang terjadi (real time).
- Niche Hashtag: Merupakan hashtag yang secara spesifik menunjukkan konten atau pengguna tertentu. Biasanya hashtag ini digunakan sebagai identitas pembuat konten ataupun serial konten apa yang sedang mereka buat.
- Branded Hashtag: Jenis hashtag ini biasanya digunakan untuk menampilkan tagline pada bisnis.
- Campaign Hashtag: Hashtag ini biasanya berisi judul campaign yang dilakukan oleh sebuah brand ataupun komunitas untuk menyampaikan pesan tertentu.
Sudah Siap Optimasi Konten dengan TikTok SEO?
Saatnya kamu menerapkan langsung semua strategi TikTok SEO di atas untuk mendapatkan audiens yang sesuai dan juga bisnis yang kamu jalankan bisa dikenal lebih banyak orang.
Tertarik untuk belajar TikTok SEO lebih dalam? Kamu bisa mendapatkan informasi serta strategi terbaru mengenai dunia digital marketing, kamu bisa subscribe Newsletter dari Marketing Treats berikut ini!
5 Comments
Pingback: 5 Strategi & Tips Personal Branding untuk Digital Marketer
Pingback: TikTok Ads Library: 7 Cara Jitu Agar Iklanmu Jadi Makin Perform! - Marketing Treats
Pingback: 8 Jenis Iklan TikTok, Mana Paling Cocok untuk Bisnismu? - Marketing Treats
Pingback: 5 Tips dan Cara Iklan di TikTok, Pemula Wajib Tahu! - Marketing Treats
Pingback: 5 Cara Optimasi SEO TikTok Untuk Content Creator & TikTok Shop