Iklan TikTok – Popularitas TikTok sebagai media sosial terbesar di dunia saat ini membuatnya menjadi platform yang terus melakukan inovasi baru. Berangkat dari aplikasi hiburan yang berisi video pendek, kini TikTok sudah mulai merambat ke industri lainnya yaitu sebagai marketplace dan juga menjadi pusat segala informasi.
Salah satu perkembangan besar yang telah dilakukan adalah menghadirkan fitur iklan TikTok dengan berbagai macamnya. Fitur ini tentu sangat membantu para marketer guna memasarkan produk mereka, sehingga bisa menjangkau lebih banyak audiens.
Jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Meta Ads ataupun Google Ads, apa yang membuat iklan TikTok atau populer dengan TikTok Ads menjadi istimewa? Yuk cari tahu jawabannya dalam ulasan dari Marketing Treats berikut ini!
Baca Juga: TikTok Ads Library: 7 Cara Jitu Agar Iklanmu Jadi Makin Perform!
Mengenal Apa Itu TikTok Ads
TikTok Ads merupakan media yang digunakan sebagai tempat beriklan dari sebuah brand yang ditujukan kepada pengguna lainnya. Channel marketing yang satu ini bisa jadi opsi baru untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis melalui TikTok Shop atau ingin menaikkan konten yang diunggah.
Lalu, apa yang membedakan iklan TikTok dengan channel marketing lain? Di TikTok, kita memiliki lebih banyak variasi jenis iklan yang bisa dicoba. Tidak melulu video, platform ini menawarkan deretan tipe konten iklan yang unik seperti filter khusus untuk memeriahkan campaign hingga live shopping ads.
8 Jenis Iklan TikTok untuk Promosi Bisnis
Total terdapat delapan jenis iklan TikTok yang saat ini bisa kamu coba untuk promosi sekaligus mengoptimasi bisnis. Berikut adalah informasi selengkapnya!
1. In-Feed Ads
In-Feed Ads merupakan tipe iklan TikTok yang dirancang untuk tampil di halaman FYP (For Your Page) pengguna dan memiliki tanda khusus berupa tulisan “Promoted” atau “Promosi”. Kita bisa menjumpai iklan ini saat sedang scrolling laman FYP dan terselip antar video konten lainnya. Iklan ini hanya bisa diunggah melalui akun pengiklan atau brand.
Saat pengguna mengklik iklan tersebut maka mereka akan diarahkan untuk menuju ke website ataupun situs yang dipasang oleh pengiklan. Jenis iklan ini sangat efektif untuk kamu yang ingin menaikkan brand awareness dan menaikkan jumlah pengguna atau jumlah download.
2. TopView Ads
Tipe iklan TikTok berikutnya adalah TopView Ads yang memiliki durasi mencapai 60 detik dan bisa kita temukan pada urutan teratas halaman FYP. Saat kita membuka aplikasi pertama kali biasanya akan muncul iklan TopView Ads.
TopView Ads menjadi pilihan tepat untuk kamu yang sedang meningkatkan brand awareness produk. Kunci dari suksesnya iklan ini adalah menggunakan hook yang menarik pada detik-detik awal dan juga kualitas video yang bagus.
3. Spark Ads
Spark Ads menjadi jenis iklan TikTok yang baru dirilis dalam beberapa waktu lalu yang juga muncul di laman FYP. Hampir sama dengan In-Feed Ads, iklan ini bisa muncul kapan saja di FYP akun kita dan diambil dari konten kreator/brand yang sudah diunggah sebelumnya.
Semua hasil angka yang didapatkan selama mengunggah iklan ini akan diakumulasi dengan jumlah organiknya. Ada beberapa tujuan yang bisa dicapai saat memasang iklan ini mulai dari jangkauan, traffic, follow, dan tayangan video.
Baca Juga: Apa Itu TikTok SEO? Cara Kerja & Strategi yang Bisa Dicoba
4. Branded Effect
Branded Effect di TikTok menjadi sebuah bentuk baru dalam bidang promosi digital saat ini. Sesuai dengan namanya, jenis iklan TikTok ini merupakan sebuah efek khusus yang disponsori oleh sebuah brand.
Biasanya mereka menggunakan teknologi seperti AR untuk membuatnya bisa digunakan oleh berbagai pengguna. Nantinya efek ini akan digunakan menjadi berbagai konten kreatif yang dibuat untuk meramaikan sebuah campaign dari brand. Semakin banyak pengguna yang mencobanya, maka semakin luas juga jangkauan yang dihasilkan.
5. Hashtag Challenge
Hashtag Challenge merupakan jenis iklan TikTok yang memanfaatkan fitur hashtag sebagai untuk melibatkan banyak pengguna dalam campaign bisnismu. Biasanya iklan ini akan disertai oleh sebuah challenge baik berupa koreografi, quiz, atau tantangan lainnya yang menarik perhatian pengguna.
Senjata utama dari Hashtag Challenge adalah User Generated Content (UGC) untuk mengajak satu pengguna ke pengguna lain mencoba challenge yang diiklankan. Agar semakin lengkap, kamu bisa menambahkan musik khusus yang identik pada kampanye tersebut.
6. Brand Takeover
Variasi TikTok Ads berikutnya adalah Brand Takeover yang biasa kita temukan di awal saat membuka aplikasi. Berbeda dengan TopView Ads, jenis iklan ini tidak muncul di laman FYP melainkan jeda sebelum memasuki timeline TikTok kita.
Durasi umum yang digunakan pada jenis iklan TikTok ini berkisar dari 3-5 detik. Tujuan dari jenis iklan ini adalah untuk menaikkan angka engagement rate dan juga jangkauan dari konten yang dipasarkan.
7. Video dan Live Shopping Ads
Bagi kamu yang memanfaatkan Live Shopping TikTok sebagai strategi penjualan, maka jangan lupa juga untuk mencoba jenis iklan TikTok Live Shopping Ads. Tipe iklan ini memungkinkan para pengguna untuk membeli produk langsung dari Live Streaming, jadi angka penjualan pun akan ikut melonjak saat iklan ditayangkan.
8. Partner dengan TikTok Influencer
Berkolaborasi dengan TikTok Influencer menjadi salah satu cara iklan yang masif digunakan saat ini. Adanya fitur “Keranjang Kuning” atau Shopping Cart memudahkan pengguna atau audiens yang tertarik dengan produk yang dipromosikan untuk membelinya.
Jenis iklan ini biasanya berupa konten organik yang langsung menghubungkan antara brand dengan influencer yang dipilih. Pastikan untuk memilih sosok yang paling relevan dengan audiens yang dimiliki dan memiliki ide kreatif untuk membuat iklan yang menarik.
Baca Juga: 5+ Cara Pakai Chat GPT untuk SEO dan Konten Marketing
Nah, itulah berbagai informasi mengenai jenis-jenis iklan TikTok. Supaya kamu tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru seputar dunia digital marketing saat ini, subscribe newsletter dari Marketing Treats untuk mendapatkan berbagai insight baru seputar digital marketing, peluang karir, dan tips seru lainnya!
2 Comments
Pingback: 5 Tips dan Cara Iklan di TikTok, Pemula Wajib Tahu! - Marketing Treats
Pingback: 5 Cara Optimasi SEO TikTok Untuk Content Creator & TikTok Shop