Close Menu
  • Home
  • Blog
    • Berita
    • Social Media
    • SEO
    • Bisnis
    • Growth
    • Karir
  • Resources
    • eCourses
    • Webinar
    • Template
  • Newsletter
  • Community

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from FooBar about art, design and business.

What's Hot

Komunitas Kerja Remote Populer Untuk Networking & Cari Kerja

January 29, 2025

7 Skill Freelancer yang Wajib Dikuasai, Jangan Sampai Ketinggalan!

April 8, 2024

8 Tips Dapat Kerja Freelance di Upwork untuk Pemula dan Switch Career!

April 5, 2024
Facebook X (Twitter) Instagram
Marketing TreatsMarketing Treats
  • Home
  • Blog
    • Berita
    • Social Media
    • SEO
    • Bisnis
    • Growth
    • Karir
  • Resources
    • eCourses
    • Webinar
    • Template
  • Newsletter
  • Community
Marketing TreatsMarketing Treats
Home » 8 Jenis Iklan TikTok, Mana Paling Cocok untuk Bisnismu?
Social Media

8 Jenis Iklan TikTok, Mana Paling Cocok untuk Bisnismu?

Adam AmrullahBy Adam AmrullahOctober 3, 20232 Comments5 Mins Read
Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email
tiktok ads
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Daftar Isi Artikel Ini

Toggle
  • Mengenal Apa Itu TikTok Ads
  • 8 Jenis Iklan TikTok untuk Promosi Bisnis
    • 1. In-Feed Ads
    • 2. TopView Ads
    • 3. Spark Ads
    • 4. Branded Effect
    • 5. Hashtag Challenge
    • 6. Brand Takeover
    • 7. Video dan Live Shopping Ads
    • 8. Partner dengan TikTok Influencer

Iklan TikTok – Popularitas TikTok sebagai media sosial terbesar di dunia saat ini membuatnya menjadi platform yang terus melakukan inovasi baru. Berangkat dari aplikasi hiburan yang berisi video pendek, kini TikTok sudah mulai merambat ke industri lainnya yaitu sebagai marketplace dan juga menjadi pusat segala informasi.

Salah satu perkembangan besar yang telah dilakukan adalah menghadirkan fitur iklan TikTok dengan berbagai macamnya. Fitur ini tentu sangat membantu para marketer guna memasarkan produk mereka, sehingga bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Meta Ads ataupun Google Ads, apa yang membuat iklan TikTok atau populer dengan TikTok Ads menjadi istimewa? Yuk cari tahu jawabannya dalam ulasan dari Marketing Treats berikut ini!

Baca Juga: TikTok Ads Library: 7 Cara Jitu Agar Iklanmu Jadi Makin Perform!

Mengenal Apa Itu TikTok Ads

TikTok Ads merupakan media yang digunakan sebagai tempat beriklan dari sebuah brand yang ditujukan kepada pengguna lainnya. Channel marketing yang satu ini bisa jadi opsi baru untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis melalui TikTok Shop atau ingin menaikkan konten yang diunggah.

Lalu, apa yang membedakan iklan TikTok dengan channel marketing lain? Di TikTok, kita memiliki lebih banyak variasi jenis iklan yang bisa dicoba. Tidak melulu video, platform ini menawarkan deretan tipe konten iklan yang unik seperti filter khusus untuk memeriahkan campaign hingga live shopping ads.

8 Jenis Iklan TikTok untuk Promosi Bisnis

Total terdapat delapan jenis iklan TikTok yang saat ini bisa kamu coba untuk promosi sekaligus mengoptimasi bisnis. Berikut adalah informasi selengkapnya!

1. In-Feed Ads

Source: TikTok Reservation In-Feed Ads

In-Feed Ads merupakan tipe iklan TikTok yang dirancang untuk tampil di halaman FYP (For Your Page) pengguna dan memiliki tanda khusus berupa tulisan “Promoted” atau “Promosi”. Kita bisa menjumpai iklan ini saat sedang scrolling laman FYP dan terselip antar video konten lainnya. Iklan ini hanya bisa diunggah melalui akun pengiklan atau brand.

Saat pengguna mengklik iklan tersebut maka mereka akan diarahkan untuk menuju ke website ataupun situs yang dipasang oleh pengiklan. Jenis iklan ini sangat efektif untuk kamu yang ingin menaikkan brand awareness dan menaikkan jumlah pengguna atau jumlah download. 

2. TopView Ads

iklan tiktok
Source: Tranzzo

Tipe iklan TikTok berikutnya adalah TopView Ads yang memiliki durasi mencapai 60 detik dan bisa kita temukan pada urutan teratas halaman FYP. Saat kita membuka aplikasi pertama kali biasanya akan muncul iklan TopView Ads.

TopView Ads menjadi pilihan tepat untuk kamu yang sedang meningkatkan brand awareness produk. Kunci dari suksesnya iklan ini adalah menggunakan hook yang menarik pada detik-detik awal dan juga kualitas video yang bagus.

3. Spark Ads

iklan tiktok
Source: TikTok Business

Spark Ads menjadi jenis iklan TikTok yang baru dirilis dalam beberapa waktu lalu yang juga muncul di laman FYP. Hampir sama dengan In-Feed Ads, iklan ini bisa muncul kapan saja di FYP akun kita dan diambil dari konten kreator/brand yang sudah diunggah sebelumnya.

Semua hasil angka yang didapatkan selama mengunggah iklan ini akan diakumulasi dengan jumlah organiknya. Ada beberapa tujuan yang bisa dicapai saat memasang iklan ini mulai dari jangkauan, traffic, follow, dan tayangan video.

Baca Juga: Apa Itu TikTok SEO? Cara Kerja & Strategi yang Bisa Dicoba

4. Branded Effect

Source: TikTok Business

Branded Effect di TikTok menjadi sebuah bentuk baru dalam bidang promosi digital saat ini. Sesuai dengan namanya, jenis iklan TikTok ini merupakan sebuah efek khusus yang disponsori oleh sebuah brand. 

Biasanya mereka menggunakan teknologi seperti AR untuk membuatnya bisa digunakan oleh berbagai pengguna. Nantinya efek ini akan digunakan menjadi berbagai konten kreatif yang dibuat untuk meramaikan sebuah campaign dari brand. Semakin banyak pengguna yang mencobanya, maka semakin luas juga jangkauan yang dihasilkan.

5. Hashtag Challenge

Source: TikTok Business

Hashtag Challenge merupakan jenis iklan TikTok yang memanfaatkan fitur hashtag sebagai untuk melibatkan banyak pengguna dalam campaign bisnismu. Biasanya iklan ini akan disertai oleh sebuah challenge baik berupa koreografi, quiz, atau tantangan lainnya yang menarik perhatian pengguna.

Senjata utama dari Hashtag Challenge adalah User Generated Content (UGC) untuk mengajak satu pengguna ke pengguna lain mencoba challenge yang diiklankan. Agar semakin lengkap, kamu bisa menambahkan musik khusus yang identik pada kampanye tersebut.

6. Brand Takeover

Source: TikTok Business

Variasi TikTok Ads berikutnya adalah Brand Takeover yang biasa kita temukan di awal saat membuka aplikasi. Berbeda dengan TopView Ads, jenis iklan ini tidak muncul di laman FYP melainkan jeda sebelum memasuki timeline TikTok kita.

Durasi umum yang digunakan pada jenis iklan TikTok ini berkisar dari 3-5 detik. Tujuan dari jenis iklan ini adalah untuk menaikkan angka engagement rate dan juga jangkauan dari konten yang dipasarkan.

7. Video dan Live Shopping Ads

Source: TikTok Business

Bagi kamu yang memanfaatkan Live Shopping TikTok sebagai strategi penjualan, maka jangan lupa juga untuk mencoba jenis iklan TikTok Live Shopping Ads. Tipe iklan ini memungkinkan para pengguna untuk membeli produk langsung dari Live Streaming, jadi angka penjualan pun akan ikut melonjak saat iklan ditayangkan.

8. Partner dengan TikTok Influencer

Source: TRIBE

Berkolaborasi dengan TikTok Influencer menjadi salah satu cara iklan yang masif digunakan saat ini. Adanya fitur “Keranjang Kuning” atau Shopping Cart memudahkan pengguna atau audiens yang tertarik dengan produk yang dipromosikan untuk membelinya.

Jenis iklan ini biasanya berupa konten organik yang langsung menghubungkan antara brand dengan influencer yang dipilih. Pastikan untuk memilih sosok yang paling relevan dengan audiens yang dimiliki dan memiliki ide kreatif untuk membuat iklan yang menarik.

Baca Juga: 5+ Cara Pakai Chat GPT untuk SEO dan Konten Marketing

Nah, itulah berbagai informasi mengenai jenis-jenis iklan TikTok. Supaya kamu tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru seputar dunia digital marketing saat ini, subscribe newsletter dari Marketing Treats untuk mendapatkan berbagai insight baru seputar digital marketing, peluang karir, dan tips seru lainnya!

media sosial social media tiktok tiktok ads
Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email
Adam Amrullah

    Digital marketing professional with 5+ years of experience in managing inbound marketing and performance marketing campaigns from brands and companies from various industries in South East Asia. Passionate about marketing and artificial intelligence.

    Related Posts

    UPDATE! 10 Digital Marketing Tools yang Wajib Dikuasai Marketer!

    February 28, 2024

    5 Cara Optimasi SEO TikTok Untuk Content Creator & TikTok Shop

    December 31, 2023

    20 Tools Remote Working Terbaru, Kaum WFH Wajib Pakai!

    December 20, 2023

    30 Prompt Chat GPT Terbaru untuk Optimasi Semua Platform Digital Marketing

    November 13, 2023
    View 2 Comments

    2 Comments

    1. Pingback: 5 Tips dan Cara Iklan di TikTok, Pemula Wajib Tahu! - Marketing Treats

    2. Pingback: 5 Cara Optimasi SEO TikTok Untuk Content Creator & TikTok Shop

    Leave A Reply Cancel Reply

    Recent Posts
    • Komunitas Kerja Remote Populer Untuk Networking & Cari Kerja
    • 7 Skill Freelancer yang Wajib Dikuasai, Jangan Sampai Ketinggalan!
    • 8 Tips Dapat Kerja Freelance di Upwork untuk Pemula dan Switch Career!
    • 10 Rekomendasi Template Digital Agency Website Murah, Cocok untuk Bisnis dan Self Branding!
    • UPDATE! 10 Digital Marketing Tools yang Wajib Dikuasai Marketer!
    Marketing Treats
    Instagram TikTok
    • Home
    • Blog
      • Berita
      • Social Media
      • SEO
      • Bisnis
      • Growth
      • Karir
    • Resources
      • eCourses
      • Webinar
      • Template
    • Newsletter
    • Community
    © 2025. Designed by Marketing Treats.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.