Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar di bidang bisnis. Banyak pelaku usaha yang mencoba beradaptasi agar bisnisnya dapat bertahan, salah satunya dengan melakukan pemasaran secara online. Meningkatnya bisnis atau perusahaan yang go digital ini membuat peluang karir sebagai digital marketing juga semakin terbuka lebar. Tak heran jika digital marketing menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari selama pandemi.
Artikel ini akan mengulas informasi penting seputar digital marketing, mulai dari tugas-tugasnya, sampai gaji digital marketing di Indonesia. Buat kamu yang minat di bidang pekerjaan ini atau berniat untuk shifting karir, yuk, simak!
Apa itu Digital Marketing
Sederhananya, digital marketing adalah suatu proses pemasaran produk maupun layanan menggunakan media internet. Berbeda dengan pemasaran konvensional, digital marketing umumnya membutuhkan biaya yang relatif lebih kecil dengan konversi yang lebih tinggi. Selain untuk meningkatkan penjualan, digital marketer biasanya juga bertugas untuk melakukan campaign, seperti mengenalkan perusahaan ke khalayak, melakukan media branding, meningkatkan brand awareness, atau menyampaikan visi, misi, dan tujuan perusahaan.
Peluang Karir di Digital Marketing
Di era serba digital seperti saat ini, peluang bekerja di bidang digital marketing menjadi sangat terbuka. Banyak perusahaan membutuhkan seorang digital marketer untuk mengoptimalkan pemasaran produk atau layanan mereka secara online. Perubahan perilaku konsumen juga semakin mendukung meningkatnya peluang karir digital marketing. Semakin banyak pelanggan yang beralih ke media digital, semakin penting juga posisi digital marketer bagi sebuah perusahaan.
Terdapat sejumlah data yang membuktikan adanya tren peningkatan pekerjaan digital marketing:
- Google Trends
Dari grafik di atas, dapat dilihat bahwa ada tren peningkatan terkait digital marketing selama 5 tahun terakhir. Berarti bisa dikatakan bahwa awareness masyarakat tentang pekerjaan ini juga terus meningkat.
- Linkedin Job on the Rise
Tahun 2021 lalu, Linkedin merilis sebuah artikel mengenai peluang pekerjaan yang mengalami peningkatan, salah satunya adalah digital marketing. Presentase kenaikannya mencapai 33 persen dibanding tahun sebelumnya.
- Gaji Tertinggi di Indonesia Versi Jobstreet
Tahun ini Jobstreet merilis laporan terkait 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Ternyata pekerjaan di bidang penjualan dan pemasaran (termasuk digital marketing) ada di dalamnya. Gaji digital marketing di level awal berada di kisaran 3,6 juta sedangkan level manajemen level C mencapai 30 juta.
Pekerjaan di Digital Marketing
Digital marketing termasuk lingkup pekerjaan yang cukup luas. Ada beberapa posisi yang termasuk dalam lingkupnya.
- Social Media Specialist
Sesuai namanya, social media specialist bertanggung jawab atas seluruh aktivitas pemasaran yang dilakukan di social media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. Beberapa tugasnya meliputi pembuatan materi campaign, menciptakan dan memelihara online presence, voice, dan brand identity. Tujuan dari kegiatan pemasaran tersebut untuk mendapatkan traffic dan perhatian audiens.
- SEO Specialist
SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses untuk membuat situs bisnis berada di posisi teratas dalam mesin pencari seperti Google. Tugas utama seorang SEO Specialist adalah merancang dan menjalankan strategi optimasi guna meningkatkan ranking website perusahaan di mesin pencari.
- Performance Marketer
Performance marketer biasa disebut juga sebagai advertising specialist. Tugasnya adalah untuk merancang strategi pemasaran online yang terukur menggunakan media berbayar. Ada dua channel utama yang umumnya digunakan performance marketer: social media advertising (Facebook, Instagram, dll) dan search engine marketing (Google).
- CRM Specialist
CRM atau Customer Relationship Management Specialist bertanggung jawab memaksimalkan efisiensi CRM berdasarkan data-data yang dimiliki terkait pelanggan. CRM Specialist akan memanfaatkan fitur maupun tools untuk dapat meningkatkan kualitas customer experience. Umumnya ada tiga channel utama yang digunakan CRM Specialist, yaitu email, SMS atau WhatsApp, dan notifikasi aplikasi.
- Content Marketer
Content Marketer akan banyak bersinggungan dengan konten digital, seperti blog, foto/video, kampanye online, hingga copywriting. Tugas content marketer adalah membuat dan mendistribusikan konten-konten tersebut dengan tujuan menarik dan melibatkan audiens yang sudah ditargetkan. Content marketer juga harus bisa memilah mana saluran yang relevan untuk mendistribusikan konten-konten tersebut. Goalnya biasanya untuk meningkatkan traffic situs web maupun media sosial.
Kesimpulan
Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa digital marketing merupakan bidang pekerjaan yang saat ini sedang naik daun. Banyak perusahaan membutuhkan digital marketer untuk mengoptimalkan bisnisnya di ranah online. Selain itu, gaji digital marketing sendiri termasuk yang tertinggi di Indonesia. Tentunya, hal ini membuat posisi digital marketing semakin banyak diminati.